Yuk, Membuat Rak Buku Sendiri dengan Barang Bekas!

Jika Anda seorang pecinta buku, dan sudah memiliki banyak koleksi buku, pasti Anda juga memikirkan tempat untuk menyimpannya. Bisa di lemari, ataupun rak buku. Kebanyakan memang menyimpan buku di rak buku, sebab dirasa lebih pas dan menambah kesan cantik pada ruangan Anda. Kini, memang banyak sekali desain rak buku yang bermacam-macam, tidak melulu berdesain itu-itu saja. Bahkan ada rak buku dengan desain yang membuat buku terlihat seperti melayang.

Omomg-omong soal rak buku, bisa loh membuat rak buku sendiri dengan memanfaatkan barang bekas di rumah yang masih bisa dipakai. Dengan kreatifitas, barang bekas yang tidak berguna bisa kembali bermanfaat. Banyak barang bekas yang ada di rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai rak buku. Berikut penjelasan lebih lengkapnya untuk Anda:

rak buku
Yuk, Membuat Rak Buku Sendiri dengan Barang Bekas!
  • Rak Buku Kardus

Pasti, di setiap rumah memiliki kerdus yang tidak terpakai. Entah dari produk makanan atau yang lain. Daripada dibuang, lebih baik dimanfaatkan untuk membuat rak buku. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan beberapa kardus yang memiliki ketebalan minimal 1cm. Kardus-kardus ini bisa juga nantinya dihias menggunakan cat ataupun stiker agar lebih menarik lagi.

  • Rak Buku Pipa Bekas

Jika di rumah Anda memiliki pipa air bekas yang sudah lagi tidak digunakan, jangan buru-buru membuangnya, sebab Anda bisa menggunakannya untuk rak buku. Dengan menggunakan pipa bekas sebagai rak buku, Anda akan mendapatkan sebuah ruangan dengan rak buku minimalis yang terlihat menarik. Apalagi Anda juga bisa mengecat pipa agar lebih menarik lagi.

  • Rak Buku Plat Besi

Membuat rak buku dari plat besi ini memang hampir sama dengan menggunakan besi siku, namun bedanya, rak buku plat besi ini menggunakan besi yang lebih lebar dan rak buku ini bisa menampung buku dengan jumlah yang lebih banyak.

Baca juga artikel menarik lainnya di: seputarfurniture.com

  • Rak Buku Tangga

Jika di rumah Anda ada tangga yang tidak lagi terpakai, entah itu tangga kayu ataupun besi, jangan buru-buru membuangnya terlebih dahulu, sebab Anda masih bisa memanfaatkannya untuk dijadikan rak buku. Tinggal ditempelkan di dinding, Anda sudah memiliki satu tempat untuk menyimpan buku-buku kesayangan Anda.

  • Rak Buku Besi Siku

Satu lagi barang bekas yang bisa digunakan untuk membuat rak, yaitu besi siku. Mungkin di rumah Anda terdapat besi siku bekas dipakai yang hendak dibuang. Lebih baik menggunakannya untuk membuat rak buku melayang. Besi siku tinggal ditempelkan di dinding dengan menggunakan sekrup dan juga bor. Selanjutnya, Anda sudah bisa meletakkan sekitar 4-5 buku di atasnya dan buku Anda terlihat seperti melayang.

Memanfaatkan barang bekas untuk membuat rak buku selain lebih praktis juga menjadi salah satu kegiatan cinta lingkungan, karena mendaur ulang barang bekas untuk sesuatu yang lebih bermanfaat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *