Ulasan Seputar Beragam Kelebihan dan Manfaat Kayu Jati

Sebagai penyuka furniture tentu kayu jati merupakan salah satu material yang dipilih. Jati awalnya berada di empat negara yaitu Myanmar, India, Thailand dan Laos dan seiring akses transportasi membuat jati hampir diseluruh negara dunia. Pohon jati yang ada di Indonesia berasal dari India, telah mengirimkan bibit pohon pada abad ke-15 saat kerajaan Hindu tengah berkembang di nusantara. Fakta dari pohon jati yang perlu diketahui adalah semua kapal di dunia sempat memakai jati sebagai bahan dasarnya.

Ulasan Seputar Beragam Kelebihan dan Manfaat Kayu Jati

Berikut adalah kelebihan jati diantaranya:

  • Sangat kokoh, kepadatan kayu membuat kursi dan beberapa furniture lainnya tahan banting dan tahan terhadap api.
  • Tahan terhadap serangga dan rayap, memiliki urat kayu padat, keas dan resin alami yang mengusir rayap, noda jamur, dan mengusir serangga lain yang menghancurkan kayu.
  • Tahan cuaca, terhadap pengaruh cuaca seperti panas, sengatan matahari dan hujan karena secara naluriah memiliki nuansa yang lebih baik dari jenis furniture plastik atau logam.
  • Awet, karena dapat tahan lama selama bertahun-tahun.

Kelebihan kayu jati lainnya tahan pembusukan karena memiliki kerapatan yang tinggi dan tahan air sehingga tidak mudah membusuk atau keropos. Memiliki stabilitas tinggi karena mengandung silika yang membantu menjaga furniture tetap dalam bentuk aslinya yang menyebabkan urat kayu tidak mudah melengkung atau mengkerut. Bernilai tinggi jika dirawat dengan baik dan memiliki ketahanan kelembapan dan air karena pengolahan kayu termasuk pengeringan kayu dapat mengurangi kadar air.

Berikut adalah manfaat jati diantaranya:

  • Kapal laut, sebagai bahan dasar pembuatan kapal laut nelayan.
  • Rumah, didaerah pedesaan atau daerah pegunungan sebagai villa dan rumah peristirahatan serta tempat penginapan umum di tempat-tempat wisata.
  • Meubel dan furniture, seperti meja makan, kursi, lemari pakaian, kusen dan pintu serta jendela dan tempat tidur.
  • Hiasan rumah dari kayu, dengan warna jati yang khas dan tahan lama seperti ukiran dinding, figura foto, ukiran pada kusen dan pintu serta pembuatan pajangan-pajangan lainnya.
  • Gazebo, untuk membuat rumah-rumahan taman ini dengan kuat bahkan tahan air.
  • Dekorasi outdoor, karena tidak mudah walaupun terus-terusan diterpa hujan maupun panas, dekorasi yang dibuat seperti kursi taman, ayunan dan tiang garasi.
  • Menjadi parket atau lapisan penutup lantai, parket merupakan jenis lapisan kayu yang menutupi bagian lantai sehingga tidak menggunakan tegel atau keramik.

BACA JUGA: KELEBIHAN KAYU JATI YANG BANYAK DICARI ORANG DAN JUGA KEKURANGANNYA

Kayu jati dapat digunakan sebagai bantalan rel kereta api karena tidak mudah lapuk dan tidak mudah melengkung. Beberapa piala ajang persepakbolaan digunakan dari bahan jati, seperti Tropi Piala Presiden yang dibuat oleh Ida Bagus Ketut Lasem serang pengrajin Bali. Jati memiliki kandungan minyak alami untuk menjaga kayu dari air ataupun menghalangi jati dari kerutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *