Tips Tepat yang Bisa Anda Terapkan Agar Lemari Minimalis Bisa Digunakan Lebih Lama

Lemari menjadi perabot yang paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Dengan lemari Anda bisa menyimpan berbagai barang misalnya pakaian, handuk, selimut, buku hingga koleksi kaca dan sebagainya. Akan tetapi semakin banyak barang yang butuh disimpan, maka semakin banyak pula lemari yang dibutuhkan. Hal tersebut bisa membuat satu masalah baru yaitu pemborosan karena harga lemari yang tak bisa dibilang murah. Untuk mengatasinya Anda bisa membeli lemari minimalis yang terbuat dari bahan plastik maupun kayu olahan dengan harga jual yang lebih terjangkau.

Tips Tepat yang Bisa Anda Terapkan Agar Lemari Minimalis Bisa Digunakan Lebih Lama

Bentuknya yang minimalis juga memberikan Anda kelebihan lainnya yaitu dalam hal dimensi ruang yang diperlukan. Lemari ini tak terbuat dari kayu jati yang besar dan berat sehingga lebih mudah dipindahkan. Lemari dari kayu olahan ataupun plastik juga dijual dalam bentuk partisi dimana bentuknya bisa dimasukkan dalam kardus untuk cara bawa yang lebih praktis. Kemudian sebelum menggunakannya, Anda terlebih dahulu harus merakit dengan buku panduan rakitan yang sudah disertakan. 

Terbuat dari kayu olahan atau plastik dengan rangka alumunium, lemari ini memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan lemari kayu besar atau kayu jati. Kelemahannya adalah lemari ini lebih mudah rusak atau reyot sehingga memiliki masa pakai yang lebih sedikit. Akan tetapi dengan cara penggunaan yang baik dan berhati-hati, lemari minimalis juga bisa awet seperti lemari kayu lain. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar lemari Anda tetap awet dan bisa digunakan lebih lama untuk menyimpan berbagai barang:

  • Letakkan lemari di pojok tembok.

Peletakan lemari juga mempengaruhi keawetannya. Letakkan lemari di pojokan dinding akan membuat lemari memiliki sandaran dan kekuatan lebih di kedua sisinya sehingga tak mudah reyot. Selain meletakkannya dipojokkan, Anda juga bisa mengampitnya dengan perabot lain agar sama-sama bisa menopang.

  • Kurangi beban.

Penyebab utama kerusakan lemari terutama yang berasal dari plastik adalah kelebihan beban di rak penyimpanannya. Sesuaikan barang dan jumlahnya dengan bahan pembuat lemari. Jika lemari sudah melengkung untuk lemari plastik atau alumunium berarti daya topangnya sudah melebihi sehingga sebaiknya Anda kurangi agar tak mudah rusak.

  • Hindarkan dari air dan cuaca panas langsung.

Lemari dari kayu olahan akan mudah rusak akibat air dan panas langsung. Tempatkan lemari di tempat kering dan tidak bocor untuk memastikan keawetannya.

BACA JUGA MENILIK MODEL LEMARI MINIMALIS UNTUK PAKAIAN SESUAI KEBUTUHAN

Dengan melakukan tips di atas, Anda akan memiliki lemari minimalis yang memiliki ketahanan prima serta awet seperti lemari kayu lainnya. Jika Anda membelinya dalam keadaan belum dirakit, pastikan rakitan Anda kuat dan benar agar lemari tak mudah rusak. Rakitan yang benar akan memberikan dasar yang kuat sehingga lemari bisa berfungsi dengan baik dalam waktu yang lama.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *