Tips Praktis Membersihkan Meja Antik dan Furniture Lainnya yang Terbuat dari Kayu

Meja menjadi salah satu perabotan utama yang ditempatkan di ruang tamu bersama dengan kursi. Memilih meja tamu tidak hanya mempertimbangkan modelnya saja namun juga segi kenyamanan. Anda bisa juga menempatkan barang-barang diatasnya. Biasanya bagian bawah meja disediakan tempat penyimpanan, bisa untuk majalah atau Koran. Jika Anda menginginkan gaya yang lebih untuk interior rumah khususnya ruang tamu bisa pilih model meja antik yang umumnya memiliki ukiran.

furniture antik biasanya terbuat dari kayu yang menarik bukan hanya dari tampilannya namun juga fungsinya. Ada banyak jenis kayu yang digunakan untuk membuat meja khususnya dan jenis mebel lain pada umumnya. Seperti: kayu jati, mahoni, kayu pohon kelapa dan lain sebagainya.

Sudah tidak diragukan lagi meja dengan bahan kayu terlihat lembut namun kokoh dan memberikan kesan alami. Lalu bagaimana jika meja antik warnanya sudah memudar? Apakah bisa dikembalikan seperti semula? Anda jangan khawatir berikut ini akan kami informasikan bagaimana mengembalikan meja atau furniture kayu lainnya agar terlihat seperti baru.

Perhatikan Suhu Ruangan Tempat Menyimpan Meja dan Furniture Kayu Lainnya

Membersihkan meja antik atau furniture dari bahan kayu tidak berbeda dengan cara merawat dan membersihkan lantai kayu. Bahan kayu memang cukup sensitif terhadap suhu baik panas maupun dingin.

Jika terlalu lama terkena sinar matahari membuat kayu cepat kering sehingga warna coklat alami pada kayu lama kelamaan memudar. Selain itu kayu jadi cepat melengkung, retak lalu pecah. Sedangkan udara dingin atau lembab membuat kayu menjadi mudah keropos dan menjadi sarang rayap, jamur dan serangga kayu lainnya. Jadi tips membersihkan furniture pertama adalah perhatikan tempat furniture akan disimpan.

Baca Juga: MODEL KURSI TAMU SOFA MEMBERIKAN KENYAMANAN TAMU YANG DATANG

Bersihkan Meja dan Furniture Kayu Lainnya dari Kotoran dan Debu yang Menempel

Debu dan kotoran yang menempel terlalu lama bisa sulit dibersihkan dan lama kelamaan kayunya bisa lapuk. Cara membersihkannya bisa menggunakan lap atau vacuum cleaner mini. Membersihkan furniture kayu menggunakan lap harus yang bahannya halus dan bersih. Dikhawatirkan jika bahan lap kasar bisa membuat goresan pada permukaan kayu sedangkan jika lap-nya kotor bisa membuat furniture lebih kotor lagi.

Selain menggunakan lap basah, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih kayu agar hasilnya kembali mengkilap. Pilih cairan pembersih yang berkualitas dan jangan lupa baca petunjuknya. membersihkan bagian ukiran. Gunakan kuas halus untuk membersihkannya. Selain itu perlakukan furniture dengan apik dan hati-hati.

Jika furniture kayu tidak dilapisan vernis, hindari furniture dari air. Karena tanpa lapisan vernsi furniture lebih mudah menyerap cairan yang menumpahinya. Cara membersihkan furniture yang tidak divernis bisa menggunakan air hangat yang sudah dicampur sabun berformula lembut. Setelah itu gunakan lap baru yang kering dengan bahan lembut dan bersih agar noda kotoran yang terdapat pada kayu hilang.

Dengan memperhatikan tips merawat furniture kayu tersebut, kami berharap furniture, kursi, meja antik di rumah Anda selalu bersih, awet, tahan lama dan mengkilap seperti baru lagi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *