Tips Polesan Furniture Kayu Jati Agar Tetap Cantik

Pada tahapan finishing furniture merupakan tahapan yang penting karena akan membuat produk tersebut lebih awet dan tahan lama. Proses finishing tersebut khususnya pada furniture kayu jati yakni pemberian lapisan pada permukaan kayu akan melindunginya dari serangan rayap dan menjaga kelembapan kayu.

Tips Polesan Furniture Kayu Jati Agar Tetap Cantik

Pelapisan pada furniture kayu jati juga akan menambah estetika kayu lebih berkualitas, cantik, indah dan menarik. Proses pelapisan juga disesuaikan dengan style yang akan dicapai. Untuk lebih jelasnya berikut jenis-jenis finishing yang sering digunakan.

Teak Oil

Jenis finishing yang paling sederhana dan mudah dalam pengaplikasiannya adalah teak oil. Bahan ini mudah meresap pada pori-pori kayu Cara pengaplikasiannya yaitu dengan menyiram, merendam atau melumuri kayu menggunakan kain atau kuas dengan minyak. Hasil finishingnya akan membuat furniture kayu jati Anda tampak natural, rustic dan industrial.

Pernis

Bahan finishing ini sangat sering digunakan untuk melapisi kayu karena harganya yang relatif murah dan dapat dikerjakan sendiri. Cara pengaplikasiannya hanya dengan melapisi permukaan kayu yang sudah halus dan rata dengan pernis menggunakan kuas. Namun kekurangan dari bahan ini yakni tidak bertahan lama sehingga tampilan furniture Anda akan memudar dan kusam.

Politer

Bahan dasar politur adalah shellac (serlak) yang berupa serpihan dan dapat dilarutkan dengan alkohol. Cara pengaplikasiannya menggunakan teknik semprot atau menggunakan kain yang sudah diolesi politur. Bahan ini akan membentuk lapisan “film” jika dilakukan secara rutin.

Melamin

Finishing kayu menggunakan melamin memiliki kandungan formaldehyde-nya lebih tinggi sehingga membuat furniture kayu jati Anda lebih awet. Bahan ini juga membuat furniture Anda tampak doff lembut, semi-gloss maupun glossy licin dan mengkilap.

Nitro Cellulose (NC) Lacquer

NC dibuat dari resin nitrocellulose yang dicampur bahan pelarut (alcohol). Cara pengaplikasiannya yakni dengan cara disemprot. Kekurangan dari bahan ini adalah masih rentan terhadap goresan dan benturan

Polyurethane (PU)

Furniture kayu jati Anda dapat dilapisi dengan PU yang menghasilkan lapisan “film” lebih tebal sehingga lebih awet dari jenis finishing lain. Tampilan yang dihasilkan yakni glossy dan smooth sehingga sangat cocok bagi Anda yang menyukai gaya modern, ceria dan segar.

Waterbased Lacquer

Bahan pelapis ini menggunakan pencair air murni. Cara pengaplikasiannya dilakukan cukup lama karena penguapan air lebih lama daripada bahan lain seperti alcohol dan thinner. Hasil akhirnya membuat tampilan tampak natural, tahan air dan goresan serta lebih ramah lingkungan

BACA JUGA: MENGENAL JENIS FURNITURE INDONESIA BERBAHAN KAYU JATI SERTA PERBEDAANNYA

Venner dan Laminasi HPL, PVC dan Lapisan lain

Venner adalah lapisan kayu tipis seperti lembaran papan yang direkatkan pada kayu olahan sehingga kayu olahan tersebut nampak seperti kayu asli. HPL adalah salah satu jenis kertas tebal bermotif dan bertekstur seperti kayu dan direkatkan pada kayu olahan. Sedangkan lapisan PVC adalah jenis plastic tipis yang memiliki motif dan tekstur seperti kayu asli. Anda bisa memilih furniture kayu jati dengan lapisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *