Tips Penempatan Lemari Pakaian di Rumah dengan Benar dan Tepat

Perabot rumah tangga membutuhkan porsi yang cukup banyak untuk menempati ruangan di rumah. Dari meja tamu, kuris, tempat tidur, almari dan perabot lain yang diperlukan dalam jumlah tak sedikit membuat Anda harus pintar-pintar menata perabot agar rumah tetap tampak nyaman dan asri. Salah satu perabot yang biasanya dimiliki dalam jumlah banyak untuk satu rumah adalah lemari pakaian. Semakin banyak jumlah penghuni rumah maka semakin banyak juga jumlah lemari yang dibutuhkan untuk menyimpan koleksi pakaian anggota keluarga tersebut. Jumlah pakaian yang sangat banyak juga memungkinkan Anda membutuhkan lebih dari satu almari untuk satu orang keluarga. 

Tips Penempatan Lemari Pakaian di Rumah dengan Benar dan Tepat

Jumlah lemari yang cukup banyak tersebut, bisa membuat rumah Anda penuh akan perabotan jika tak menatanya dengan baik dan rapi. Lemari juga bukanlah perabot publik sehingga keberadaannya tak sebaiknya ada di ruang publik. Lemari untuk pakaian umumnya ditempatkan di kamar pemiliknya sehingga mudah dan cepat ketika diperlukan saat akan mengambil baju atau menyimpan baju. Bagi Anda yang memiliki banyak lemari namun luas ruangan yang tak terlalu luas, bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar ruangan tetap nyaman dan lega. 

  • Pemilihan model lemari.

Faktor yang paling menentukan penataan lemari adalah model lemari tersebut. Jika Anda memiliki banyak koleksi pakaian, sebaiknya Anda memilih satu lemari yang cukup besar untuk semua koleksi Anda. Memiliki satu lemari pakaian dalam volume yang besar akan memudahkan Anda dalam penataannya dibandingkan memiliki banyak lemari namun kecil.

  • Pilih besar secara vertikal.

Sebaiknya memilih lemari yang memanjang ke atas dibandingkan melebar ke samping jika Anda memiliki ruangan yang sempit. Dengan lemari yang memanjang ke atas, Anda akan memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan pakaian tanpa mengurangi ruangan Anda di kamar.

  • Jenis bilik lemari.

Bagian dalam lemari juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan agar Anda tak memerlukan tempat lain lagi untuk menyimpan pakaian. Misalnya Anda lebih membutuhkan rak untuk menyimpan pakaian yang sudah dilipat dibandingkan kabin untuk pakaian digantung, atau sebaliknya. Jika Anda memerlukan rak untuk menyimpan kosmetik atau benda berharga, sebaiknya memilih jenis lemari yang juga memiliki rak di dalamnya.

  • Lemari lipat.

Bagi Anda yang memiliki bayi, bisa menggunakan lemari lipat untuk menyimpan semua pakaian bayi. Jika sudah tak diperlukan yaitu saat bayi tumbuh dewasa, Anda bisa menyumbangkan pakaian dan melipat lemari untuk memberikan ruangan yang lebih.

 

BACA JUGA LEMARI PAKAIAN ANDA TERLIHAT SELALU BERANTAKAN? TERNYATA INI SEBABNYA!

Anda bisa mempraktekkan tips di atas untuk mendapatkan jenis lemari pakaian yang sesuai untuk ruangan tertentu. Tak ada salahnya menggabungkan koleksi pakaian dari anak-anak jika memang ruangan tak memungkinkan untuk menempatkan lemari lagi. Untuk menghemat budget, Anda juga bisa memilih jenis lemari dari kayu olahan yang dijual dengan harga lebih terjangkau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *