Tips Merawat Perabot Minimalis Berbahan Rotan

Perabot minimalis yang menjadi tren rumah di zaman modern saat ini tak hanya terbuat dari kayu atau bahan multiplek saja, akan tetapi juga ada yang terbuat dari bahan rotan. Bagi yang menggunakan perabot berbahan rotan tentunya perawatannya berbeda dengan perabot berbahan kayu atau multiplek. Dan berikut ini adalah tips untuk merawat perabot berbahan rotan:

  1. Lap Menggunakan Kain Kering

Perabot yang terbuat dari rotan tentunya membutuhkan perawatan setiap hari. Untuk membersihkan perabot yang terbuat dari rotan cukup mudah dan sederhana, yaitu lap perabotan dengan menggunakan kain kering. Dengan membersihkannya menggunakan lap kering, maka noda pada perabot akan menempel pada kain sehingga perabot akan terlihat bersih.  

  1. Gunakan Deterjen

Penggunaan lap untuk membersihkan perabot minimalis berbahan rotan hanya pada bagian luarnya saja, sedangkan untuk membersihkan sela-sela anyaman bisa menggunakan deterjen yang telah dicampur dengan air agar pekerjaan menjadi lebih efektif dan perabot pun menjadi lebih bersih. Apabila sudah dibersihkan menggunakan air sabun deterjen, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan perabot menggunakan lap hingga kering. Jangan pernah menggunakan cairan kimia untuk membersihkan perabot dari rotan karena dapat membuat serat rotan menjadi rusak. Pembersihan menggunakan air sabun ini tidak perlu setiap hari, cukup lakukan sekali dalam sebulan untuk menjaga kebersihan perabot.

baca juga: Furniture Murah dan Unik dari Palet Kayu Bekas

  1. Hindari Tempat Lembab Serta Panas Matahari

Jangan letakkan perabot rotan di tempat terkena sengatan matahari secara langsung karena itu akan membuat rotan semakin kusam dan jamur juga bisa mudah tumbuh di permukaan rotan apabila diletakkan di tempat yang lembab. Pastikan ruangan yang menjadi tempat untuk meletakkan perabot rotan bukanlah tempat yang lembab ataupun terkena sinar matahari langsung agar perabot rotan tetap awet dan selalu bagus.

  1. Manfaatkan Kamper dan Minyak Tanah

Salah satu yang bisa menyebabkan perabot rusak adalah rayap. Oleh karena itu, untuk menanggulanginya bisa dengan menggunakan kamper atau kapur barus serta minyak tanah. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan melarutkan kapur barus ke dalam minyak tanah kemudian usapkan secara merata ke seluruh bagian perabot, dengan cara ini perabot akan terhindar dari serangan rayap yang bisa merusak.

  1. Beri Lapisan Wax

Wax adalah jenis cat yang dipakai untuk melapisi perabot. Wax ini dapat dibeli di toko bangunan yang memang biasa menjual benda ini. Cara penggunaannya sangatlah mudah yaitu dengan menyemprotkan wax pada seluruh bagian perabot secara merata, wax ini akan membuat perabot lebih mengkilap serta terlindungi.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat perabot minimalis berbahan rotan. Lakukan perawatan secara rutin agar perabot tetap awet dan kualitasnya tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *