Tips Merawat Meja kayu

Perabotan rumah tangga adalah salah satu item wajib dalam sebuah rumah. Maka, oleh karenanya, kita harus mampu dengan baik merawat perabotan rumah tangga. Perabotan rumah tangga, pada umumnya terbuat dari bahan plastik , besi dan kayu. Sebab, bahan bahan inilah yang memang dirasa lebih awet ketimbang bahan lainnya. Salah satunya adalah meja kayu. Namun, meskipun kayu dikenal sebagai bahan yang awet, tidak menutup kemungkinan kalau bahan kayu juga bisa rusak bila tidak dirawat dengan baik. Anda harus mampu merawat meja kayu anda dengan baik dan rutin. Berikut ini kami hadirkan beberapa tips jitu untuk merawat meja kayu di rumah anda.

  • Letakkan di tempat kering atau tempat yang memiliki suhu normal

Kayu adalah bahan yang bisa rusak karena lapuk. Oleh karenanya anda harus bisa menjaga meja kayu anda dari ancaman kelapukan. Dan salah satu penyebab pelapukan dini adalah penempatan meja kayu di ruangan yang kurang pas. Alias, ruangan yang memiliki suhu yang tidak ideal. Untuk merawat meja kayu agar tetap kuat dan awet, anda bisa meletakkan meja kayu anda di tempat kering atau tempat yang memiliki suhu normal. Jangan letakkan di tempat berudara lembab, sebab itu bakal membuat jamur tumbuh. Atau jangan pula menaruhnya di tempat yang terlalu panas. Karena itu akan membuat kulit meja kayu anda melapuk.

  • Pindahan dengan benar dan hati-hati

Meja kayu adalah perabotan yang rentan patah. Maka, untuk memindahkannya, anda harus memperhatikan asas kehati-hatian. Jangan terlalu ceroboh. Karena, meja kayu anda mungkin bisa mudah patah.

  • Gunakan alas untuk meminimalisir kerusakan

Langkah selanjutnya, adalah melapisi kaki meja kayu anda dengan alas. Hal ini untuk meminimilasir kerusakan pada lantai anda dan juga kaki meja. Anda pasti sering melihat kaki meja menjadi membekan di lantai karena tidak dialasi. Nah, cara ini adalah salah satu upaya untuk mengantisipasi itu.

  • Keringkan noda air segera!

Kayu adalah bahan yang mudah melapuk karena jamur. Jamur, mudah tumbuh dengan subur pada suhu yang lembab dan basah. Nah, jika anda menemukan noda air pada meja kayu anda. Sebaiknya, segeralah untuk membersihkannya. Sebab, air, yang mengenai meja anda mungkin secara tak langsung bisa menumbuhkan jamur.

  • Manfaatkan sisa teh sebagai pembersih

Dan cara yang paling untuk merawat meja kayu anda tentu saja dengan melakukan pembersihan secara rutin. Inilah tips yang paling ampuh untuk menjaga meja kayu anda tetap awet dan kuat. Anda bisa memanfaatkan sisa the sebagai bahan pembersihnya. Anda bisa menggunakannya dengan lap basah kanebo. Tentu saja dengan membersihkannya secara rutin dan terus menerus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *