Tips Merawat Lemari kayu

Lemari kayu adalah salah satu perabotan rumah tangga yang harus diperhatikan dengan baik cara perawatannya. Jika kita lalai merawatnya, lemari kayu akan rentan rusak dan bobrok. Sebab, lemari yang terbuat dari kayu itu memang rentan ditumbuhi jamur. Jamur-jamur inilah yang membuat lemari kayu menjadi begitu rapuh. Biasanya, jamur-jamur ini tumbuh karena kelembaban. Atau bisa juga karena usia lemari kayu yang sudah terlalu tua. Ada juga lemari kayu yang rusak karena rembesan air hujan. Biasanya menetes dari atap yang bocor. Maka, perawatan intensif lemari kayu sangat diperlukan. Anda harus bisa merawat lemari kayu dengan baik.

Baca juga: MERAWAT LEMARI KAYU

Berikut ini adalah cara perawatan lemari kayu yang bisa anda praktekkan

  • Jangan meletakkan lemari kayu dengan posisi menempel pada dinding

Antisipasi awal untuk merawat lemari kayu anda ialah dengan meletakkan lemari kayu pada posisi yang pas. Anda harus meletakan lemari kayu anda pada posisi yang tak terlalu menempel pada dinding. Sebab itu bakal membuat lemari kayu anda mudah ditumbuhi jamur. Lemari kayu yang menempel pada dinding rentan berjamur dan akhirnya rusak.

  • Jemurlah lemari kayu anda

Mungkin, menjemur lemari bukanlah salah satu kegiatan yang lazim dilakukan oleh orang lain. Padahal, cara ini adalah cara ampuh untuk selalu merawat lemari anda dari serangan lembab jamur. Anda bisa memulainya dengan mengeluarkan pakaian anda. Lalu, jemurlah lemari kayu pakaian anda di tempat yang panas dan kering. Kira-kira sekitar 6 jam. Dari siang hari sampai sore. Setelah itu, langsung kembalikanlah lagi lemari kayu ke tempat semula. Jangan terlalu lama karena itu bisa menyebabkan kulit lapisan lemari kayu anda mengelupas.

  • Jangan pernah memasukkan pakaian yang masih basah

Cara selanjutnya ialah dengan tidak memasukan pakaian yang masih basah ke dalam lemari. Ini akan membuat lemari menjadi bau dan mudah ditumbuhi jamur. Jika memang pakaian masih basah, anda barangkali bisa mengeringkan pakaian itu terlebih dahulu dengan setrika. Ketika sudah kering, baru masukkan pakain ke dalam lemari.

  • Taruh kapur barus pada sudut-sudut lemari

Kapur barus adalah adalah salah satu upaya untuk menghilangkan bau pada lemari kayu. Anda bisa meletakkan kapur barus pada lemari anda. Bau akan segera menghilang dan lemari anda akan menjadi wangi kembali.

  • Lapisi lemari anda dengan wax atau pledge

Langkah selanjutnya adalah dengan melapisi lemari kayu anda dengan wax atau pledge. Cara ini adalah untuk menjaga lemari anda agar tetap awet dan kuat. Lakukan pelapisan ini secara rutin selama 3 bulan sekali.

Berikut tadi adalah beberapa cara untuk merawat lemari kayu anda agar tetap awet. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *