Tips Merawat Lapisan HPL Motif Meja

High Pressure Laminate (HPL) merupakan bahan pelapis alternatif yang dipakai sebagai bagian paling atas dari furniture kayu yang berbahan blocteck, blockboad ataupun multiplek contohnya pada motif meja. Biasanya pelapis ini ditempelkan pada permukaan bahan. Menawarkan motif beragam serta tekstur lebih rata, pelapis ini menghadirkan kesan khas pada furniture Anda.

Tips Merawat Lapisan HPL Motif Meja

Saat ini penggunaan HPL sudah menggeser penggunaan cat semprot melamin untuk finishing furnitur karena lebih disukai konsumen dengan selera model minimalis. Nah apabila saat ini Anda memiliki furniture minimalis seperti meja dengan finishing motif meja menggunakan HPL, maka ada baiknya Anda mengetahui cara merwat furniture berlapis HPL ini terlebih dahulu.

  • Saat akan membersihkan noda bintik-bintik yang tertinggal pada permukaan HPL Anda, gunakanlah air pada lap bersih. Selanjutnya usap permukaan HPL dengan lembut. Produk pembersih yang biasanya dijual di pasaran memiliki kandungan bahan kimia terlalu yang dapat mengikis warna pada HPL. Maka dari itu, Anda sebaiknya menggunakan air bersih saja untuk untuk membersihkannya. Penggunaan zat kimia seperti alkohol, remover, aceton, parfum hingga obat-obatan dapat mengakibatkan permukaan HPL menjadi cacat.
  • Letakkan furnitur berlapis HPL tersebut terhindar dari paparan sinar matahari baik itu langsung ataupun tidak langsung. Tentunya Anda tidak ingin motif meja pada HPL menjadi luntur atau berubah bukan? Maka dari itu hindari panas yang juga dapat mengakibatkan lapisan HPL tersebut mengelupas. Selain itu hindari meletakkan furnitur Anda di dekat dengan ventilasi, sebab pada tempat yang lembab atau terpapar sinar matahari ini dapat memperpendek usia pelapis HPL.
  • Selain membersihkan dengan bahan kimia, ternyata meletakkan benda yang memiliki kandunga kimia yang kuat juga sebaiknya Anda hindari. Bahan seperti halnya plastik, karet maupun akrilik di atas permukaan furnitur berlapis HPL dapat memicu reaksi kimia hingga memicu kerusakan. Anda dapat memberikan alas seperti selembar kain bagian bawah kaki aksesoris yang mungkin dapat menggores permukaan furnitur HPL.
  • Berikan alas apabila Anda menggunakan meja motif HPL tersebut untuk menulis atau menggambar. Goresan pena ataupun pensil pada selembar kertas bersifat tajam dan dapat meninggalkan jejak ataupun bekas dengan mudah pada permukaan finishing tersebut.
  • Apabila meja berlapis Anda tersebut terkena tumpahan cairan, segera keringkan dengan lap lembab bersih yang lembut. Hati-hati juga karena terlalu banyak menggunakan air dapat memicu bintik-bintik putih.
  • Apabila terdapat debu, Anda bisa menggunakan kain kering atau kemoceng dan mengusap dengan lembut.
  • Lapisan HPL ini sebenarnya hanya memerlukan sabun lembut dengan sedikit air untuk dibersihkan.
  • Apabila Anda ingin memulihkan warna motif HPL tersebut, Anda bisa menggunakan bahan pemoles setiap 6 bulan sekali.

BACA JUGA: BERIKUT 4 JENIS KAYU TERBAIK UNTUK PEMBUATAN MEJA UKIR

Itulah tadi beberapa cara untuk merawat lapisan motif meja berbahan HPL. Dengan banyaknya varian motif yang tersedia di pasaran dan mudahnya untuk didapat, furnitur dengan finishing ini banyak sekali ditemukan di rumah, kantor maupun toko. Dengan mengetahui cara erawat yang semestinya, maka perabot Anda akan menjadi lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *