Tips Merawat Kursi Kayu

Furnitur berbahan kayu memang membutuhkan perawatan ekstra dalam menjaganya. Khususnya kursi kayu yang terdapat di rumah. Berbeda dengan kursi-kursi berbahan plastik atau alumunium yang dapat dengan mudah dicuci, kursi berbahan kayu perawatanya sedikit berbeda. Apabila kursi kayu tidak dirawat dengan teratur, maka warna kayunya akan menjadi gelap dan memudar karena tumpukan debu dan kotoran. Jika sudah begitu, kursi kayu anda akan nampak kusam, kotor dan tidak enak dipandang. Namun begitu anda tidak boleh sembarangan melakukan perawatan terhadap kursi berbahan kayu seperti ini. Kecerobohan kecil yang terus dilakukan dapat membuat kursi kayu anda menjadi kusam, tergores, lapuk bahkan lama-kelamaan akan menjadi rusak. Berikut beberapa tips merawat kursi kayu, agar kursi anda tetap awet dan indah di pandang mata.

  • Perhatikan penempatan kursi anda dengan kedaan di sekitar kursi.

Hal ini cukup penting, dikarenakan kursi berbahan kayu, ataupun material berbahan kayu lainnya, seperti laintai kayu,  sangat sensitif terhadap suhu panas maupun dingin. Suhu panas yang biasanya datang dari sinar matahari, dapat membuat minyak alami yang terdapat pada kursi kayu tersebut mengering. Sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan efek memudarnya nuansa alam yang ada pada bahan tersebut.  Selain itu, suhu panas ataupun dingin yang berlebihan dapat membuat kayu menjadi melengkung dan kelamaan akan retak serta pecah. Selain suhu yang berlebih, suhu ruangan yang rendah dan kurang cahaya cenderung membuat udara menjadi lembab. Kelembaban akan membuat oksidasi kayu menjadi tinggi. Hingga memicu timbulnya jamur, rayap dan serangga kayu lainnya. Maka dari itu, usahakann menempatkan furnitur kayu anda pada tempat yang hangat. Suhu ruangan yang hangat akan menjaga kursi kayu anda tetap awet.

Gunakan lap lembut untuk membersihkan debu-debu yang menampel pada permukaan kayu dengan menggunakan cairan khusus yang memiliki kualitas baik. Selain itu untuk bagian-bagian lekukan atau ukiran, anda bisa menggunakan vacum cleaner mini dengan menyusuri lekuk ukiran tersebut. Bagian yang juga harus dibersihkan adalah bagian sudut-sudut serta sela-sela ukiran. Dimana biasanya di teampat tersebut berkumpulanya debu, kotoran maupun jamur.  Selain menggunakan vacum, anda juga bisa menggunakan kuas kecil yang halus

Segera bersihkan kursi kayu anda jika terkena noda atau kotoran yang lengket. Langkah pertama gunakan lap lembut yang telah diberi air hangat untuk menyeka noda tersebut. Setelah itu gunakan lap baru yang kering dan berbahan lembut untuk menggosok bagian yang terkena noda tersebut. Gosok perlahan hingga noda benar-benar hilang. Yang perlu diperhatikan di sini adalah, jangan biarkan lap basah menempel terlalu lama pada permukaan kayu. Hal itu dapat menyebabkan kayu menjadi rapuh dan lapuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *