Tips Merawat Kursi Kayu Jati Agar Tetap Indah Dan Awet

Sampai saat ini kursi yang terbuat dari bahan kayu jati masih menjadi favorit dikalangan masyarakat. Kelebihan kursi kayu jati adalah lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan kursi yang menggunakan bahan kayu jenis lainnya. Selain dari segi keawetannya, kursi jati memiliki nilai seni yang tinggi.

Itu sebabnya kursi kayu jati sampai saat ini masih diburu oleh para kolektor dan harganya masih sangat tinggi. Jadi jika Anda memiliki kursi atau perabotan lainnya yang terbuat dari kayu jati harus pandai merawatnya, apalagi jika usia jati sudah tua dan termasuk barang antik.

Kelebihan lainnya dari kursi atau furniture lainnya yang terbuat dari jati adalah menghadirkan suasana alami, klasik dan tidak akan tertinggal jaman. Namun sama seperti jenis bahan lainnya, kayu jati-pun memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui apa saja kekurangannya, bisa membantu Anda lebih memahami bagaimana cara perawatannya yang benar.

Beikut ini akan kami informasikan cara perawatan kursi atau furniture lainnya yang terbuat dari bahan kayu jati.

Perhatikan Penempatan

Kelemahan kayu jati adalah sensitive terhadap suhu, baik panas maupun dingin. Suhu yang terlalu panas dari sinar matahari bisa menyebabkan kayu menjadi retak, pecah dan kering. Sama halnya dengan udara yang lembab atau dingin bisa menyebabkan munculnya jamur, serangga dan rayap yang berkembang biak membuat kayu menjadi keropos.

Cara Membersihkan

Biasanya furniture yang terbuat dari bahan kayu akan divernis untuk menghindari air masuk menyerap. Karena jika teralu sering kayu terkena air bisa menyebabkan kayu mudah keropos dan lapuk.

Jika ada kotoran atau debu yang menempel cara membersihkannya bisa menggunakan air yang dicampur dengan sabun. Setelah dibersihkan, segera keringkan menggunakan lap kering. Lap yang digunakan tidak boleh sembarangan, pilih yang lembut dan hindari menggunakan lap yang kasar karena dikhawatirkan akan membuat kursi tergores.

baca juga: CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN KURSI KAYU YANG BENAR

Membersihkan Bagian Ukiran

Ciri khas kursi antik terbuat dari kayu jati biasanya adalah ukirannya. Setiap sudut atau sela bagian dalam ukiran adalah bagian yang sulit dibersihkan, padahal bagian tersebut menjadi bagian yang paling banyak tersimpan debu. Cara membersihkan bagian ukiran bisa menggunakan kuas kecil yang halus atau menggunakan vacuum cleaner.

Memoles Ulang Kayu

Salah satu solusi agar kursi terlihat baru adalah dengan cara memoles ulang kayu. Namun apabila Anda lebih menyukai tekstur kayu dan warna yang alami bisa menggunakan cairan khusus minyak jati. Pemolesan kayu dilakukan sebanyak dua tahun satu kali.

Merawat kursi kayu jati merupakan hal yang harus dilakukan dengan rutin, minimal seminggu satu kali. Dengan perawatan yang tepat tidak hanya membuat kursi terlihat indah namun mempertahankan nilai jual suatu hari nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *