Tips Merawat Kursi Antik

Barang antik adalah barang yang memiliki keunikannya sendiri. Maka, jangan heran bila barang antik dihargai dengan harga yang sangat mahal. Harganya tak lazim. Rentangnya jauh sekali dengan harga barang pada umumnya. Karena harganya begitu mahal, maka tak jarang orang yang sangat berhati-hati ketika merawat barang antiknya. Hal itu juga berlaku pada kursi antik. Benda ini adalah salah satu jenis barang antik yang harus dirawat dengan baik. Sebab, jika dirawat dengan cara yang serampangan, maka kursi antik akan rentan rusak. Untuk itu, berikut ini kami sajikan beberapa tips merawat kursi antik.

Baca juga: TIPS MEMILIH KURSI ANTIK YANG BAIK

  • Perhatikan penempatan kursi antik

Meletakkan kursi antik tak boleh sembarangan. Maka, perhatikanlah penempatan kursi antik anda. Anda harus memperhatikan suhu dan kondisi ruangan tempat anda menempatkan kursi antik itu. Jangan pula terlalu sering memindahkan kursi antik anda. Sebab, itu bakal membuat kursi antik anda rentan rusak.

  • Bersihkan dengan kuas

Cara membersihkan kursi antik juga tak sembarangan. Ada cara khusus. Salah satunya ialah dengan membersihkannya dengan kuas kecil. Bersihkanlah debu-debu yang melekat pada kursi antik anda dengan kuas kecil tersebut. Bagian ini adalah bagian sela sela ukiran. Sebab, bagian inilah yang paling sulit untuk dibersihkan. Upayakanlah jangan sampai ada debu yang masih melekat di kursi antik tersebut. Lakukanlah hal ini secara rutin. Jangan sampai anda abai dengan debu debu tersebut. Karena, debu juga bisa merusak kursi antik anda.

  • Membersihkan bahan yang divernis dengan lap

Jika pada bagian ukiran dibersihkan dengan kuas, maka bagian vernisnya dibersihkan dengan lap. Lap basah. Bisa pula dengan lap kanebo. Basahilah lapa anda terlebih dahulu. Bisa pula dengan menambahkannya dengan sabun. Jangan terlalu banyak. Sebab bisa membuat kursi antik anda mudah dihinggapi jamur.

  • Memoles ulang dengan plitur

Langkah perawatan selanjutnya ialah dengan melakukan pemolesan ulang. Cara ini adalah perawatan yang paling ampuh. Sebab, anda harus memoleh ulang kursi antik anda dengan plitur. Jangan sampai anda mengira bahwa barang antik adalah barang yang dibiarkan saja kusam karena antik. Anda juga bisa memoles kursi antik anda dengan plitur kok. Jangan ragu atau takut akan rusak. Justru, plitur akan melindungi kursi antik anda daris serangan matahari.

Berikut tadi adalah cara-cara untuk merawat kursi antik anda. Semoga cara tersebut berguna. Sebab, kita tahu bahwa kursi antik adalah salah satu jenis barang antik yang sangat mahal. Apalagi bila kursi antik anda terbuat dari kayu jati dan memiliki beberapa ukiran unik. Kayu jati adalah jenis kayu yang mahal, sehingga wajar jika harganya mahal. Dan ukiran juga berpengaruh. Semakin sulit motif ukiran, maka harga pun juga mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *