Tips Merawat Kursi Antik Berbahan Kayu Jati

Tips Merawat Kursi Antik Berbahan Kayu Jati—Furnitur berbahan kayu memang membutuhkan perawatan ekstra dalam menjaganya. Khususnya kursi antik berbahan kayu jati. Berbeda dengan kursi-kursi berbahan plastik atau alumunium yang dapat dengan mudah dicuci, kursi berbahan kayu perawatanya sedikit berbeda. Apabila kursi kayu tidak dirawat dengan teratur, maka warna kayunya akan menjadi gelap dan memudar karena tumpukan debu dan kotoran. Jika sudah begitu, kursi kayu anda akan nampak kusam, kotor dan tidak enak dipandang. Namun begitu anda tidak boleh sembarangan melakukan perawatan terhadap kursi  antik berbahan kayu jati seperti ini. Kecerobohan kecil yang terus dilakukan dapat membuat kursi  antik anda menjadi kusam, tergores, lapuk bahkan lama-kelamaan akan menjadi rusak. Kayu jati sangat identik dengan penggunaan kursi antik berbahan kayu. Kayu jati dapat menjadi pilihan yang baik. Karena bahan ini sudah terkenal sejak dahulu kala mempunyai tingkat daya tahan keawetan level tinggi. Tak heran furnitur-furnitur antik berbahan kayu jati, mempunyai harga yang tinggi di pasaran.

Dalam industri wood working, nama kayu jati sangatlah populer. Merupakan salah satu kayu terbaik. Karena kayu jati ini mempunyai keunikan tersendri. Ia mengandung senyawa aktif yang bersifat toksin terhadap hama kayu mau pun rayap. Keberadaan kayu jati tidak dapat tergantikan meski kemajuan zaman telah menghadirkan bermacam bahan furniture yang dinilai lebih elegan dan prestisius. Sebagai kayu kelas satu, kayu jati memang hadir dengan mencakup segala hal tentang keawetan, kekuatan serta keindahan yang tak tertandingi dengan kayu-kayu jenis lainnya. Sehingga kayu ini sangat cocok diaplikasikan ke segala macam furnitur. Selain anti rayap, sisi unik lainnya dari kayu jati ini adalah sifatnya yang cenderung mudah dipotongPerawatannya juga sedikit spesial dibanding dengan furniture antik lainnya. Berikut beberapa tips merawat kursi antik, agar kursi anda tetap awet dan indah di pandang mata.

  • Jika kursi antik anda tidak dilapisi vernis, sebaiknya dalam membersihkannya jangan gunakan air. Permukaan kayu tanpa vernish dapat membuat air masuk menyerap dan lama-kelamaan akan menyebabkan kelapukan. Pilihalah lap dengan bahan yang lembut. Seka dengan air hangat dan langsung keringkan dengan lap kering.
  • Gunakan lap lembut untuk membersihkan debu-debu yang menampel pada permukaan kayu dengan menggunakan cairan khusus yang memiliki kualitas baik. Selain itu untuk bagian-bagian lekukan atau ukiran, anda bisa menggunakan vacum cleaner mini dengan menyusuri lekuk ukiran tersebut. Bagian yang juga harus dibersihkan adalah bagian sudut-sudut serta sela-sela ukiran. Dimana biasanya di teampat tersebut berkumpulanya debu, kotoran maupun jamur.  Selain menggunakan vacum, anda juga bisa menggunakan kuas kecil yang halus.

Memoles ulang kursi antik anda dapat membuat kursi antik anda terlihat baru. Namun jika anda menyukai warna alami kayu jati anda, anda bisa memolesnya minimal dua tahun sekali dengan menggunakan cairan minyak jati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *