Tips Merawat Furniture Yang Terbuat Dari Bahan Rotan

Jika Anda memiliki furniture dari bahan anyaman sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara merawat furniture tersebut dengan benar. Perlu diketahui, cara perawatan furniture berbeda-beda tergantung bahan furniture itu sendiri.

Biasanya yang terbuat dari bahan rotan agak sulit membersihkannya, terutama bagian celah-celah anyaman. Nah, berikut ini kami akan memberikan tips bagaimana cara merawat furniture bahan rotan.

Baca juga: TIPS MERAWAT PERABOT MINIMALIS BERBAHAN ROTAN

Kenali Jenis Rotan

Sebelum Anda membersihkannya, ketahui terlebih dulu jenis bahan furniture yang akan dibersihkan, apakah terbuat dari rotan asli atau sintesis. Kedua jenis rotan tersebut memerlukan cara pemcucian yang berbeda. Biasanya rotan sintesis lebih tahan lama dibandingkan bahan alami, apalagi jika furniture ditempatkn di luar rumah. Untuk rotan asli memerlukan lapisan perlindung agar warna dan bahannya lebih tahan lama.

Membersihkan Dengan Penyedot Debu

Membersihka debu yang menempel pada anyaman rotan bisa menggunakan pembersih debu. Cara ini bisa menjangkau celah-celah anyaman. Hindari terlalu keras menekan permukaan anyaman.

Menggunakan Sikat Gigi

Membersihkan menggunakan sikat gigi bisa untuk segala bahan anyaman. Membantu menangani bagian tertentu yang sulit terjangkau oleh mesin. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu-bulu dengan kondisi masih tegak. Sebelum digunakan, basahi terlebih dulu sikat agar dapat menangkap debu dengan baik.

Apabila bulu sikat tidak cukup kaku, bisa gunakan lidi, kawat atau benda runcing lainnya. Tapi lakukan dengan hati-hati, jangan sampai anyaman menjadi longgar.

Merapihkan Dengan Gunting

Semakin tua usia furniture rotan, semakin banyak serat-serat yang keluar berserabut. Hindari menarik atau mencabut serat tersebut karena malah membuat anyaman terurai. Sebaiknya gunakan gunting untuk memotong serat-serat yang lepas.

Menggunakan Larutan Detergen

Cara mencuci menggunakan ditergen tidak disarankan untuk furniture bahan alami. Cara ini bisa digunakan untuk rotan sintesis. Pertama-tama semprot terlebih dulu furniture menggunakan air bersih. Lalu taburkan detergen atau sabun cuci piring cair ke permukaan rotan. Jika tidak bisa menggunakan lap basah.

Untuk rotan bahan alami bisa gunakan kain yang lembab dengan larutan ditergen untuk membersihkan permukaan anyaman, tapi hindari basah kuyup. Bersihkan secara menyeluruh agar sisa-sisa sabunnya menghilang.

Mengeringkan Rotan

Untuk bahan sintesis bisa dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Sebaiknya hindari menggunakan hairdryer karena jika terlalu panas bisa membuat bahan sintesis meleleh. Sedangkan untuk bahan alami bisa gunakan hairdryer dengan pengaturan suhu dingin atau kipas angin. Apabila terlalu tinggi/ panas bisa membakar anyaman.

Furniture yang bahannya alami yang dibiarkan basah terlalu lama berpotensi tumbuh jamur dan lumut. Jadi setelah dicuci jangan tunda, segera keringkan dengan cara yang benar.

Itulah tips membersihkan furniture bahan rotan alami dan sintesis. Membersihkan furniture sudah menjadi konsekuwensi jika Anda menginginkan furniture di rumah Anda terawat dengan baik, awet dan tahan lama. Merawat furniture harus dilakukan dengan teratur dan benar, hal ini berlaku pula untuk furniture bahan lainnya (kayu, logam, plastik). Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *