Tips Merawat Furniture Lemari Agar Tidak Menjamur

Merawat furniture —- Merawat sebuah lemari memang susah—susah gampang. Kerap kali kita sering khilaf untuk menjaga kebersihan furniture satu ini. Padahal lemari adalah tempat yang harus bersih setiap waktu. Karena sebagai tempat penyimpan segala jenis pakaian Anda, yang seharusnya lebih bersih dan usahakan lemari Anda dijaga dari kelembapan, jamur dan kotoran-kotoran.

Dalam kesempatan kali ini kami akan bagikan tips merawat furniture lemari agar tidak menjamur. Yang bisa Anda jadikan referensi terbaru.

Baca juga: TIPS AMPUH MERAWAT FURNITURE DARI BAHAN ROTAN

1.Untuk mengusir hawa yang lembap, buka jendela kamar setiap pagi, agar sinar matahari bisa masuk dan mencegah tumbuhnya jamur. Anda juga dapat menyalakan kipas angin di depan lemari yang sudah terbuka untuk memberikan udara pada isi lemari.

  1. Letakkan alas papan kayu tipis di bawah lemari untuk menahan hawa lembap dari lantai kamar. Hal ini diperlukan karena udara lembap dapat memancing timbulnya jamur pada lemari pakaian Anda.
  1. Bersihkan kotoran yang menempel pada lemari hingga benar-benar bersih. Gunakan cairan pembersih atau alkohol dengan kain lap. Bersihkan juga kaca atau cermin jika ada. Lakukan secara berulang, hingga lemari benar-benar bersih. Setelah itu, tunggu hingga lemari kering, baru masukkan pakaian atau barang-barang yang ada di lemari tersebut.
  1. Letakkan kamper atau wewangian khusus, agar lemari berbau segar. Jadi saat membuka lemari, Anda tidak akan mencium bau yang tidak enak.
  1. Perhatikan tata cahaya kamar tempat lemari berada. Jika pencahayaan kurang, cuaca akan lebih lembap dan jamur lebih mudah tumbuh.
  1. Usahakan agar baju dan barang-barang di lemari tidak berceceran. Kelompokkan pakaian sesuai kegunaannya, seperti baju pesta, seragam sekolah, dan lain-lain. Lemari yang rapi juga mendukung kebersihan lemari tersebut.
  1. Bersihkan lemari secara rutin, misalnya setiap seminggu atau 2 minggu sekali di akhir pekan. Ajak anak atau suami atau istri Anda untuk bersama-sama membersihkan lemari.

8.Jangan menempatkan lemari terlalu menempel ke dinding karena pada musim hujan dinding memiliki tingkat kelembapan yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Usahakanmenempatkan lemari sekitar 5-10 cm dari dinding rumah Anda.Bersihkanlah lemari dengan mengeluarkan barang-barang yang ada di dalamnya. Kemudian, jemur lemari atau dekatkan dengan cahaya matahari. Lakukanhal ini minimal 2 minggu atau 1 bulan sekali.

9.Langkah terakhir dalam merawat furniture lemari ini adalah, sebelum digunakan kembali simpan beberapa butir kapur barus dalam lemari. Cara lain adalah kapur barus dihaluskan kemudian dibungkus kain dan digosok-gosokkan ke seluruh permukaan lemari untuk mengganti minyak wangi tadi.

10.Untuk mencegah kembalinya jamur, bagian belakang lemari Anda dapat dilapisi dengan lakban serapat mungkin. Lakban juga bisa berfungsi untuk mencegah kelembapan lemari saat bersentuhan dengan dinding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *