Tips Merawat Furniture Berbahan Metal yang Bisa Anda Terapkan

Furniture merupakan benda yang wajib ada di rumah. Furniture seolah sudah menjadi nyawa dari rumah itu sendiri sehingga bisa melakukan banyak hal di rumah. Kini sudah ada banyak jenis furniture beserta bahan pembuatannya yang beragam. Agar furniture senantiasa awet dan tahan lama, maka ada baiknya Anda merawat furniture tersebut dengan berkala. Salah satu bahan furniture yang banyak digunakan adalah furniture dengan bahan metal.

Metal merupakan bahan yang umum digunakan untuk pembuatan banyak jenis furniture. Jika tidak dirawat, lama kelamaan bahan metal tersebut akan mudah sekali berkarat. Untuk menghindarinya, berikut ini beberapa tips untuk merawat furniture yang terbuat dari metal:

Baca juga: SIMAK 4 KIAT MERAWAT FURNITURE ROTAN AGAR TETAP AWET DAN TERLIHAT TERAWAT

  • Perawatan untuk jenis metal alumunium

Alumunium adalah material yang diklaim terbaik jika digunakan untuk furniture outdoor. Hal ini lantaran metal alumunium cenderung tidak mudah kotor dan bahkan tidak mudah lapis serta berkarat. Untuk furniture alumunium sendiri bisa bertahan hingga puluhan tahun. Namun jika Anda ingin furniture yang dimiliki selalu awet dan terjaga, maka perawatan juga perlu dilakukan. Tidak perlu terlalu pusing dalam merawatnya karena caranya begitu mudah. Caranya adalah dengan membersihkannya menggunakan lap lembut. Pembersihan rutin bisa dilakukan demi bisa menghilangkan noda dan kotoran minyak. Bila perlu, Anda bisa menambahkan sabun atau penggunaan air hangat. Waktu tepat untuk membersihkan adalah sebulan sekali minimal. Lanjutkan dengan pemberian lapisan wax automobile sehingga bisa menambah keindahannya. Selain itu jangan sampai Anda meletakkan furniture alumunium tersebut pada lokasi yang cenderung lembab karena hal ini akan berbahaya dan mampu membuat daya tahan furniture menjadi semakin lemah.

  • Perawatan untuk jenis metal besi

Selain ada metal alumunium, furniture metal besi juga banyak digunakan. Besi tempa merupakan besi murni lalu dipadukan dengan material kaca demi memenuhi industri furniture. Dalam perawatannya, Anda bisa menggunakan air hangat yang sudah dicampur sabun untuk mempertahankan kekinclongannya. Namun jika Anda menemukan ada bagian cat mengelupas, maka segeralah dicat kembali sehingga bisa mencegah timbul karat. Demi bisa menjaga kilau nya, maka permukaan furniture juga diberikan wax mobil. Untuk menambah ketahanan dari material besinya, ada baiknya mengoleskan minyak mineral untuk bisa menjaga kilap nya sebulan sekali. Jika Anda menemukan noda menempel baik noda apapun itu, usahakan untuk segera menghapus dan menghilangkannya.

Pada dasarnya merawat furniture berbahan metal itu mudah dan murah bukan? Namun yang sulit adalah konsisten dan disiplin karena umumnya banyak pemilik furniture ini yang bertahan di bulan-bulan pertama setelah pembelian dan lalu membiarkan furniture berbahan metal tersebut yang akhirnya menjadikan korosi datang. Oleh karena itu mulailah sadari jika furniture juga butuh perawatan agar tetap maksimal tampilan dan daya tahannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *