Tips Menyulap Furniture Biasa Menjadi Furniture Mewah Klasik

Menjaga dan merawat furniture merupakah hal penting yang harus diperhatikan agar kondisinya tetap terawat dan tahan lama. Jika furniture milik Anda warnanya sudah memudah dan terlihat kusam solusinya bisa di cat ulang. Pemberian cat bisa memberikan kesan furniture mewah dan terlihat baru.

Mengecat furniture tidak bisa dilakukan sembarangan, perlu ketelitian dan beberpa hal yang harus diketahui. Jika salah melakukannya bisa membuat furniture menjadi tidak menarik. Yuk, langsung saja simak tips mengecat furniture lama berubah menjadi furniture mewah.

Hilangkan/ Copot Aksesoris Yang Menempel

Sebelum melakukan pengecetan, pastikan melepas terlebih dulu aksesoris atau bantalan yang menempel. Selanjutnya cat furniture di ruangan yang memiliki ventilasi agar sirkulasi udaranya keluar masuk dengan baik. Atau bisa mengecat di luar ruangan.

Memudarkan Warna

Biasanya permukaan furniture yang kondisinya sudah lama ada beberapa bagian yang warnanya memudar. Agar hasil cat yang baru lebih maksimal sebaiknya pudarkan terlebih dulu keseluruah warna atau cat yang memudar. Anda bisa gunakan hand sander atau fine grit sandpaper untuk menghilangkan permukaan yang kasar.

Setelah selsai gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan serpihan-serpihannya. Atau bisa gunakan lap basah untuk menghapus sisa debu yang menempel.

Gunakan Cat Kasar

Setelah permukaan furniture bersih dari debu, lanjutkan dengan mengecat furniture dengan lapisan dasar satin finish kemudian cat lateks. Lapisan pertama akan menjadi lapisan paling bawah artinya bukan menjadi warna yang domain.

Lap Dengan Kain Basah

Setelah furniture di cat, lanjutkan dengan mengelap seluruh permukaan yang sudah dicat menggunakan kain basah. Tujuannya agar cat yang menggumpal terhapus sampai memperlihatkan tekstur kayu di bagian bawahnya. Lakukan dalam kondisi cat masih basah, jangan menunggu kering. Lap hingga ke sudut-sudut seperti bagian kaki-kaki, permukaan furniture yang cepat using jika disentuh atau digunakan.

Misalnya: jika kursi maka bagian yang cepat using adalah bagian lengannya atau pada meja bagian permukaannya. Setelah dilap, biarkan cat mengering.

Perhatikan Permukaan Yang Sudah Dicat

Perhatikan semua bagian lapisan permukaan furniture. Jika ada lapisan yang tebal atau pecah-pecah solusinya bisa atasi dengan kuas ke satu arah yang sama. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai cat mengering sebelum melapisi dengan cat berikutnya.

Lapisi Dengan Cat Warna Dominan & Ampelas

Pada saat mengering akan terlihat retak Anda bisa melapisi dengan warna dibagian sela-sela retakan tersebut. Kemudian gosok menggunakan ampelas di beberapa permukaan untuk menampilkan kesan vintage. Setelah selesai bersihkan debu akibat ampelas menggunakan kain lembab.

Campuran Akhir

Tahapan terakhir untuk menghasilkan furniture mewah dengan gaya vintage adalah mencampurkan satu bagian bahan pelapis dasar dengan 5 bagian lasit lalu campurkan dengan yang telah berwarna ke dalam wadah sedikit demi sedikit. Kemudian di oleskan menggunakan kain lembab. Gosok furniture dengan kuat dengan gerakan melingkar agar lapisan menjadi tipis dan memberikan kesan tidak rata.  Selesai sudah, furniture  milik Anda akan terlihat lebih mewah dan klasik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *