Tips Menghemat Pengeluaran Saat Membeli Perabotan Rumah Tangga

Perabotan rumah tangga adalah salah satu pengeluaran dengan budget yang tidak sedikit. Oleh karena itu, dalam membeli haruslah bijak agar pengeluaran tidak membengkak. Karena kebutuhan tidak hanya soal perabot rumah tangga saja. Dan berikut ini adalah beberapa tips dalam membeli alat-alat rumah tangga agar lebih hemat:

Memilih Perabotan Hemat Energi

Untuk menghemat budget, terutama untuk jangka waktu yang panjang, bisa memilih perabotan rumah tangga yang hemat energi. Dengan memilih perabot rumah tangga yang hemat energi, seperti mesin cuci, AC, serta kulkas maka juga aka menghemat pengeluaran setiap bulannya.  

Beli Sesuai Fungsi

Pilih perabot sesuai dengan fungsinya, bukan desain serta fitur yang dimiliki. Percuma membeli perabot yang memiliki beragam fitur akan tetapi tidak pernah digunakan. Perabotan yang memiliki desain yang bagus biasanya juga memiliki harga yang mahal. Banyaknya fitur pada suau perabot akan membuat harganya lebih mahal. Oleh karena itu, lebih baik membeli perabot yang sesuai fungsi dan kebutuhan.

 

Pilih Perabotan dengan Biaya Perawatan Rendah

Apabila membeli perabot elektronik seperti mesin cuci, kulkas, microwave, atau AC sebaiknya pilih yang biaya operasionalnya rendah. Misalnya, apabila membeli mesin cuci, bisa dengan memilih yang mudah dibersihkan filternya sehingga tidak perlu membersihkannya di tempat service. Sebelum membeli, jangan lupa untuk mengecek sertifikasi produk serta label elektronik produk apakah perabot tersebut hemat energi ataukah tidak, karena hal ini bisa menghemat pengeluaran dalam jangka panjang.  

 

Pilih Toko tanpa Ongkos Kirim

Ada banyak toko perabotan yang biaya pengiriman barang dibebankan pada pembeli, dan ini tentunya bisa memberatkan budget. Oleh karena itu, pilih toko yang memberikan ongkos kirim gratis pada pembeli, atau bisa juga dengan memilih toko yang jaraknya dekat dengan rumah, sehingga ongkos kirimnya pun bisa lebih murah dibandingkan membeli dari toko yang jaraknya jauh dari rumah.

 

Pilih Perabotan Berukuran Sesuai Kebutuhan

Saat membeli perabotan sebaiknya pilih yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan, sehingga selain tidak memakan tempat, juga akan mengurangi biaya perawatan. Misalnya ketika ingin membeli kulkas atau lemari es, pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila keluarga hanya terdiri dari beberapa anggota keluarga saja, maka sebaiknya beli yang satu pintu saja, bukan yang dua pintu dan berukuran besar. Kulkas dengan dua pintu dan berukuran besar hanya akan membuat biaya listrik membengkak.

 

Itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan ketika ingin membeli perabotan rumah tangga agar bisa menghemat pengeluaran, tak hanya pengeluaran dalam jangka pendek, namun juga pengeluaran dalam jangka panjang, seperti listrik dan biaya service. Dengan menghemat pengeluaran perabotan, maka akan bisa dialokasikan untuk biaya ruma tangga lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *