Tips Memulai Bisnis Pembuatan Furniture

Sekarang bisnis pembuatan furniture menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, memberikan keuntungan yang besar. Dalam sehari-hari bisnis ini dikenal dengan sebutan mebel. Semakin majunya perkembangan zaman, furniture tidak hanya sekedar pelengkap rumah atau kantor saja. Namun lebih dari itu furniture memberikan nilai estetika dan prestise bagi sebagian orang.

Apalagi sekarang ini populasi penduduk semakin padat, banyak pemukiman/ perumahan baru tidak hanya di kota-kota besar, hal ini terjadi di beberapa daerah dan kawasan dipinggiran kota. Fenomena tersebut membuka peluang bagi Anda yang tertarik menjalankan usaha sendiri dengan peluang sukses yang luar biasa. Berikut ini tips memulai usaha pembuatan furniture yang bisa Anda coba lakukan.

Baca juga: TAHAPAN DALAM PEMBUATAN KURSI KAYU

Siapkan Modal Usaha

Beberapa pembisnis furniture yang baru memulai usaha ini tidak sedikit yang mengalami kesulitan mengenai modal, terlebih karena tidak memiliki pengalaman sama sekali di bisnis ini. Namun hal tersebut bukan penghambat, Anda bisa mencoba segala sesuatunya.

Anda bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. Jika tidak memiliki modal, solusinya bisa menjadi reseller atau seles furniture untuk mencari pengalaman networking. Jika sudah yakin dengan pengalaman dan pengetahuan bisa mengajukan pinjaman modal ke Bank.

Lokasi Usaha Strategis

Setelah selesai dengan urusan modal dan kolega, pikirkan dengan matang lokasi bisnis Anda.  Jika tidak memiliki tempat, bisa sewa lokasi yang strategis sekedar untuk display, tidak perlu terlalu luas. Untuk tempat produksi dan gudang bisa di tempat yang strategis di rumah atau di samping rumah.

Cerdik Membaca Peluang

Sekarang ini lumayan marak invenstasi di bidang perumahan dengan lahan yang tidak begitu luas namun banyak perumahan baru yang dibangun. Hal ini merupakan salah satu asset yang membuka peluang usah. Apalagi jika mampu meraih perhatian konsumen. Mereka adalah target untuk pemasaran Anda dibidang furniture, jadi jangan pernah luput akan peluang dan kesempatan.

Target Pasar

Penting sekali memilih taget pasar. Hal ini menentukan bahan yang digunakan dan harga furniture. Jika bahan bakunya berkualitas bisa mengarah ke segment kelas menengah ke atas. Sedangkan jika furniturenya belum di cat atau dengan bahan standar bisa mengarah ke segment menengah ke bawah.

Menentukan Bahan Baku

Pilihan bahan baku disesuaikan dengan target pasar. Sesuaikan pula dengan harga yang ditawarkan. Ada 3 jenis bahan baku furniture yang banyak digunakan di Indonesia, yaitu:

  • Medium Densitey Fireboard merupakan bahan yang terbuat dari bubuk gergaji kayu dupadatkan lalu dilapisi lempengan kayu yang tipis dan halus.
  • Rotan
  • Kayu

Tenaga Kerja

Menjalankan bisnis pembuatan furniture memerlukan  tenaga kerja, tidak mungkin Anda mengerjakan semuanya sendiri. Pilih tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang furniture dan berikan instruksi yang jelas, namun jangan mengekang kreativitas mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *