Tips Memilih Sofa Bagus yang Berkualitas

Sofa adalah furniture yang sering digunakan dalam rumah, tidak hanya oleh pemilik rumah namun juga oleh tamu yang berkunjung. Sofa bagus yang berkualitas menjadi salah satu furniture wajib yang banyak digunakan di kantor, rumah sakit, toko dan lain sebagainya.

Selain dijadikan kursi tamu, sofa juga cocok untuk tempat istirahat bersama keluarga setelah beres bekerja duduk sambil mendengarkan musik bersama keluarga. Oleh karena itu memilih sofa harus mempertimbangkan segi kenyamanan dan awet atau tidaknya.

  • Sesuaikan dengan tema ruangan

Menyesuaikan sofa dengan konsep atau tema ruangan adalah penting. Anda bisa menyesuaikan dari beberapa aspek, mulai dari warna yang sesuai dengan warna dinding atau model yang sesuai. Sofa yang seirama dengan item dalam ruangan membuat suasana lebih nyaman misanya: konsep ruangan di rumah Anda mengusung konsep natural maka sofa yang dipilih bisa yang terbuat dari bahan kayu jati dengan ukiran. Warnanya mengambil warna-warna alam, seperti: coklat, hijau bisa dipadukan dengan warna lain.

  • Sesuaikan Bentuk dan Besarnya Sofa dengan ukuran ruangan

Hal yang harus Anda perhatikan berikutnya adalah memilih sofa yang ukurannya disesuaikan dengan ruangan tempat sofa akan disimpan. Hal ini wajib dilakukan, karena jika sofa terlalu besar ruangan akan terlihat lebih sempit. Begitupun sebaliknya sofa yang terlalu kecil membuat ruangan terlihat kosong melompong.

Selain itu bentuk sofa juga harus diperhatikan. Apakah bentuknya melingkar mengelilingi meja atau terpisah-pisah.  Memilih bentuk sofa yang tepat bisa dengan cara mencocokkan dengan seluruh suasana ruangan yang Anda inginkan/ sesuai dengan konsep rumah.

MODEL KURSI TAMU, PILIH KURSI ATAU SOFA?

  • Pilih sofa yang memiliki kualitas

Awet tidaknya sofa bagus tidak ditentukan oleh merk atau harga namun ditentukan oleh bahan yang digunakan dan proses pengolahan dan pengerjaannya. Misalnya : sofa tamu umumnya terbuat dari rangka bahan kayu yang dilapisi dengan busa.

Jadi pilih bahan-bahan sofa yang menggunakan bahan berkualitas. Pastikan cara penempelannya apakah dilem, dijahit atau dibor. Jika sofa yang dilem atau dipaku sebaiknya jangan Anda pilih karena teknik pemasangan sofa seperti itu hanya untuk kebutuhan pameran. Sedangkan sofa yang disimpan di rumah akan digunakan untuk sehari-hari maka pilih yang teknik penempelannya menggunakan bor dan dijahit.

Kaki sofa ada yang menggunakan kayu ataupun besi, tergantung bahan rangka yang digunakan. Jika Anda memilih kaki sofa yang terbuat dari besi atau baja memberikan kesan modern sedangkan jika anda memilih sofa dari kayu memberikan kesan klasik.

Memilih sofa bagus dan berkualitas itu mudah-mudah susah. Anda boleh saja memilih sesuai dengan model sofa yang Anda sukai, namun sebaiknya lakukan juga tips memilih sofa seperti yang sudah dijelaskan . Semua dilakukan agar ruangan di rumah Anda terlihat lebih manis dan elegant dengan hadirnya sofa yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbelanja!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *