Tips Memilih Sofa Bagus untuk Rumah

Sofa merupakan salah satu jenis furniture rumah tangga yang biasa diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Fungsi utama sofa sebagai tempat duduk harus mempertimbangkan segi kenyamanan sehingga orang yang duduk di sofa tersebut bisa betah dan nyaman duduk berlama-lama di sofa tersebut. Memilih sofa untuk diletakkan di rumah memang gampang-gampang susah. Banyak hal yang dijadikan pertimbangan dalam memilih sofa yang bagus dan berkualitas, sehingga selain faktor kenyamanan, faktor usia pakai sofa yang tahan lama juga menjadi salah satu hal yang diutamakan. Saat ini, terdapat banyak sekali jenis, model, dan desain sofa yang dijual di berbagai toko meubel. Setiap jenis sofa memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara memilih sofa bagus untuk diletakkan di rumah.

  1. Mempertimbangkan Ukuran

Ketika akan memilih sofa di sebuah toko furniture, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah ukuran sofa. Ukuran sofa harus disesuaikan dengan luas ruangan tempat di mana sofa tersebut akan diletakkan nantinya. Jika perlu, sebelum pergi ke toko furniture, Anda sebaiknya mengira-ngira atau mengukur terlebih dahulu luar ruangan yang akan ditempati dengan sofa, agar sofa yang dibeli tidak terlalu besar atau kekecilan. Pilihlah sofa bagus yang secara ukuran bisa ideal jika diletakkan di ruangan tersebut.

  1. Mempertimbangkan Kapasitas

Setiap sofa memiliki kapasitas atau daya tampung yang berbeda-beda, ada perangkat sofa yang dapat menampung lima orang, ada juga yang lebih. Ketika akan membeli sofa, pertimbangkanlah kira-kira berapa orang yang akan sering duduk di sofa tersebut. Misalnya sofa untuk ruang keluarga, pertimbangkan jumlah anggota keluarga, sehingga sofa tersebut mampu menampung seluruh anggota keluarga. Atau misalnya sofa untuk ruang tamu, sebisa mungkin memilih sofa dengan daya tampung besar yang sesuai dengan luas ruangan.

  1. Pilih Model Sofa yang Sesuai dengan Tema atau Konsep Ruangan

Biasanya, setiap ruangan di rumah memiliki konsep atau tema tertentu, misalnya floral, tema black and white, dan berbagai tema lainnya. Pilihlah sofa yang sesuai dengan tema ruangan tersebut agar keberadaan sofa mampu menunjang tampilan ruangan.

  1. Mempertimbangkan Bahan

Bahan sofa akan menentukan kualitas dan daya tahan sofa tersebut. Ketika memilih sofa, maka bahan sofa merupakan pertimbangan paling penting. Pilihlah sofa yang bahannya lembut, mudah dibersihkan dari kotoran, dan terbuat dari bahan yang kuat sehingga usia pemakaian sofa tersebut bisa awet dan tahan lama. Namun, selera masing-masing orang akan bahan sofa berbeda-beda, ada yang suka sofa berbahan kain, ada juga yang suka dengan sofa berbahan kulit sintesis. Apapun bahan sofa yang dipilih, pastikan bahwa sofa bagus tersebut tidak mudah sobek ketika tergores benda keras, dan tidak mudah mengkerut ketika diduduki dalam waktu lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *