Tips Memilih Perabot Minimalis untuk Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan ruangan di mana seseorang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk beristirahat. Keberadaan kamar tidur sangat penting untuk memulihkan kondisi tubuh setelah lelah bekerja. Oleh sebab itu, agar betah dan nyaman ketika berada di dalam kamar, kamar tidur harus ditata sedemikian rupa, mulai dari dekorasi hingga penataan letak perabotan atau furniturenya, agar selain nyaman, kita tidak mudah suntuk ketika berada di dalam kamar. Kamar dengan tata letak furniture yang buruk akan membuat kamar terasa pengap sehingga penghuninya tidak nyaman. Kamar yang pengap juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan bahkan kejiwaan sang penghuni. Semakin bagus kondisi sebuah kamar, akan semakin berpengaruh positif bagi penghuninya. Namun, tidak semua orang memiliki kamar yang luas. Umumnya, rumah-rumah kebanyakan penduduk Indonesia memiliki kamar tidur dengan luas rata-rata 3×4 meter, atau dengan kata lain berukuran minimalis. Menata perabotan di kamar minimalis tentu tidak mudah. Berikut ini adalah beberapa tips memilih perabot minimalis untuk kamar tidur.

  1. Menghindari Penggunaan Ranjang

Biasanya, hampir separuh atau lebih luas kamar minimalis akan diisi dengan ranjang. Hal ini tentu akan membuat kamar terlihat sempit. Sebaiknya, hindari penggunaan ranjang di kamar sempit. Memilih menggunakan spring bed atau kasur busa yang sangat tebal merupakan pilihan yang tepat agar memberikan kesan luas pada kamar.

baca juga: TIPS MERAWAT PERABOT MINIMALIS BERBAHAN ROTAN

  1. Memilih Lemari Multi Fungsi

Selain ranjang, furniture lain yang biasanya memenuhi kamar adalah lemari pakaian. Untuk menyiasati ukuran kamar yang relatif sempit, sebaiknya menyiasati dengan memilih perabot minimalis berupa lemari multi fungsi. Lemari multi fungsi adalah lemari three in one yang terdiri dari rak baju lipat, lemari gantung, sekaligus meja dan kaca rias. Dengan memilih lemari yang multi fungsi, kamar tidur tidak perlu lagi dipenuhi dengan meja rias atau lemari lainnya. Cukup satu lemari multi fungsi yang menemani spring bed, maka kamar sudah akan terasa lebih luas dan lapang.

  1. Manfaatkan Tinggi Ruangan

Selain lebar atau luas ruangan, satu hal yang luput diperhatikan dan dimanfaatkan oleh pemilik kamar adalah tinggi ruangan. Padahal, tinggi ruangan dapat dimanfaatkan untuk mengurangi penggunaan lebar ruangan. Misalnya, dengan memilih lemari yang berukuran tinggi, yaitu sekitar dua setengah meter atau lebih, sehingga pemanfaatan tinggi kamar akan lebih maksimal. Jika pintu kamar terlalu rendah dan sulit dimasuki lemari berukuran tinggi, sebaiknya membeli lemari model bongkar pasang yang bisa dirakit di dalam kamar, sehingga cara memasukkan lemari tersebut cukup mudah.

  1. Memilih Perabot yang Bermanfaat

Tidak jarang, sebuah kamar diisi dengan perabot yang jarang digunakan, misalnya meja dan kursi. Pilihlah perabot minimalis yang benar-benar bermanfaat untuk menunjang kegiatan di dalam kamar. Menyiasati luas kamar dengan mengisinya dengan furniture minimalis merupakan salah satu cara agar kamar terasa lebih nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *