Tips Memilih Model Lemari Pakaian untuk Ruangan yang Terbatas

Keterbatasan lahan saat ini sudah menjadi hal yang lumrah, terlebih ketika Anda hidup di perkotaan. Memang lahan saat ini sudah semakin sempit karena banyaknya pembangunan. Hal ini pun menjadikan harga tanah, rumah dan properti lain semakin menanjak naik. Sebagai solusinya, rumah dengan model minimalis pun kini menjadi populer. Jika membicarakan tentang rumah bermodel minimalis, maka tentunya akan identik dengan ruangan yang serba terbatas, termasuk juga ruang kamar sehingga Anda butuh model lemari yang cocok.

Lemari memiliki peranan yang amat penting untuk bisa menyimpan segala jenis benda mulai dari pakaian, buku hingga benda berharga. Untuk itu, tak heran jika lemari pribadi hampir selalu diletakkan di dalam kamar. Bagi Anda pemilik kamar minimalis, mungkin kini sedang bingung untuk memilih model lemari karena khawatir jika tidak akan mencukupi untuk diletakkan di kamar tersebut. Oleh karena itu berikut ini beberapa tips panduan dalam memilih lemari pakaian untuk ruangan terbatas berikut ini:

Baca juga: MODEL LEMARI TELEVISI DAN CARA YANG TEPAT MEMILIHNYA

  • Warna netral

Supaya corak serta desain lemari yang dipilih tidak harus mengganggu terbatasnya ruang di kamar tidur Anda, maka ada baiknya jika Anda memilih warna-warna yang netral seperti putih, hitam atau coklat dan krem. Warna merah hingga hijau yang cenderung cerah justru akan menjadikan kesederhanaan dalam desain rumah minimalis kurang menyatu.

  • Desain lemari pintu geser

Kini sudah banyak sekali desain-desain lemari di pasaran. Untuk jenis pintunya sendiri adalah pintu buka dengan engsel seperti biasa atau pintu geser. Namun jika Anda merasa bahwa kamar tersebut memiliki ruang yang terbatas, maka ada baiknya untuk memilih lemari dengan pintu geser sehingga bisa menghemat ruang.

  • Lemari built in

Jika memang ruangan untuk kamar tersebut amat terbatas, namun masih ada sisa tempat namun tidak biasa, maka Anda bisa menggunakan jasa built in atau kustom. Menggunakan jasa interior desain hingga memesan ke pengrajin bisa dilakukan saat ini sehingga ukuran dan bentuk lemari tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan kekosongan ruang.

  • Pertimbangkan pemilihan bahan

Lemari dengan bahan plastik cenderung memiliki daya tahan yang tak begitu lama dan daya tampungnya juga kecil. Lemari bahan kaca akan membuat kamar terasa lebih sempit karena pantulan. Lemari kayu sangat direkomendasikan namun memang agak mahal.

Jika Anda masih bingung, maka memilih lemari bongkar pasang juga bisa dilakukan. Model lemari ini banyak dipilih oleh pemilik rumah minimalis karena desainnya yang bisa dirubah dan disesuaikan serta dibongkar dengan mudah. Yang jelas, pastikan ukuran ruang kosongnya dan sesuaikan dengan kebutuhan saja. Jangan lupa sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki sehingga bisa lebih pas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *