Tips Memilih Model Kursi Tamu yang Bagus

Furniture atau perabotan rumah tangga merupakan benda-benda yang keberadaannya sangat penting untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, baik untuk menampung barang-barang atau yang sifatnya praktis untuk digunakan, seperti ranjang atau kursi. Setiap perabotan rumah tangga memiliki fungsinya masing-masing, yang diproduksi dengan berbagai desain dan memanfaatkan bahan atau material yang beragam. Model kursi tamu, misalnya, ada yang terbuat dari kayu, plastik, bahkan ada yang bentuknya sofa.

baca juga: TIPS MEMILIH MODEL KURSI TAMU SOFA

Kursi tamu merupakan furniture yang keberadaannya sangat penting untuk menunjang penampilan rumah. Melalui benda-benda yang berada di ruang tamulah para tamu yang notabene merupakan orang lain atau orang asing dapat mengenali karakter atau kepribadian kita, sebab sebuah ruangan dapat menunjukkan jiwa atau karakter pemiliknya. Oleh sebab itu, ketika memilih kursi tamu, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Berikut ini adalah ulasan mengenai tips memilih model kursi tamu yang bagus.

Disesuaikan dengan Konsep Ruangan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan memilih kursi tamu adalah mempertimbangkan konsep dari ruang tamu itu sendiri. Misalnya, konsep ruang tamunya adalah klasik, maka pilihlah kursi yang desainnya klasik, misalnya kursi kuno atau kursi antik. Begitu pula jika konsepnya minimalis, maka pilihlah kursi tamu yang minimalis, dengan warna kalem yang tidak terlalu banyak hiasan. Anda harus memilih kursi tamu yang sesuai dengan konsep interior ruang tamu Anda, agar ruang tamu itu menjadi selaras, dan agar keberadaan kursi tamu yang dipilih dapat menunjang tema atau konsep ruangan secara keseluruhan.

Memilih Warna yang Sesuai dan Selaras

Selain model, warna juga merupakan pertimbangan yang tidak kalah penting ketika akan memilih kursi tamu. Sesuaikan warna kursi yang dipilih dengan warna dominan ruang tamu tersebut. Misalnya jika rumah atau ruang tamunya berdinding kayu atau warna dindingnya cokelat, maka pilihlah kursi yang warnanya senada, yaitu warna coklat. Pastikan bahwa warna kursi yang Anda pilih sesuai dengan warna dominan ruang tamu tersebut. Setiap interior yang berada di sebuah ruangan harus menunjang penampilan ruangan itu, bukan sebaliknya merusak tampilannya dengan warna yang berbeda dan mencolok. Memilih kursi berwarna kalem dan netral sangat dianjurkan.

Mempertimbangkan Luas Ruangan dan Kapasitas Kursi

Luas ruang tamu juga harus dipertimbangkan. Pilihlah kursi yang ukurannya sesuai dengan luas ruang tamu. Agar lebih proporsional dan ideal, luas ruang tamu yang digunakan untuk menampung seperangkat kursi meja tamu tersebut tidak lebih dari separuh ruangan, agar masih ada ruangan kosong yang bisa digunakan untuk dekorasi seperti meja etalase atau meletakkan pigura di dinding.

Kapasitas kursi juga harus dipikirkan. Pilihlah model kursi tamu yang kapasitasnya mampu menampung jumlah rata-rata tamu yang datang dalam satu momen. Setidaknya, kapasitas kursi tamu harus bisa menampung enam orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *