Tips Memilih Model Kursi Tamu Sofa

Salah satu model kursi tamu yang bisa menjadi pilihan untuk menghiasi ruang tamu adalah sofa. Untuk mendapatkan sofa yang tepat ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

Model Sofa

Model kursi tamu sofa ada beberapa macam, ada yang berbingkai kokoh dengan cushion sebagai bantalan, ada yang ditata membentuk sudut letter L, ada juga yang ditata setengah lingkaran. Model sofa ini tentunya harus disesuaikan dengan bentuk ruang tamu, agar tak hanya tepat cara penataannya, namun juga agar bisa memperindah ruang tamu.

Ukuran Sofa

Tak hanya memiliki beragam model, namun kursi sofa juga memiliki beragam ukuran. Oleh karena itu jangan salah pilih. Jangan sampai karena tak memahami ukuran sofa, membuat kita membeli sofa tanpa memperhatikan ukuran, namun jadinya malah membuat ruang tamu terasa sesak.

Maka, sebelum membeli sofa, perhatikan ukuran sofa. Tak ada salahnya untuk mengukur ruang tamu terlebih dahulu, dan berapa ukuran sofa yang dibutuhkan.  

Jenis Sofa

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis sofa, apakah sofa bentuk siku L, sofa love seat yang hanya bisa diduduki dua orang saja, atau sofa dengan tipe 3-2-1.  

Jenis Kain Pelapis

Berbeda dengan kursi kayu, kursi sofa biasanya memiliki lapisan kain yang menutupi seluruh bagiannya. Kain pelapis yang digunakan pada sofa ini berbeda-beda dan biasanya menentukan harga sofa tersebut. Kain yang mahal tentunya akan membuat harga sofa mahal juga.

Kain pelapis pada sofa biasanya juga akan memberikan kesan serta nuansa berbeda di ruang tamu. Sofa berlapis kain biasanya lebih kasual, sedangkan sofa yang dilapisi kulit akan memberikan tampilan yang lebih mewah dan klasik.

Memilih kain pelapis sofa ini pun harus hati-hati, apabila salah pilih, kain sofa bisa cepat rusak dan robek. Oleh sebab itu, pilih kain dan sesuaikan dengan penempatan sofa serta penggunaannya. Misalnya jika sofa diletakkan di ruang tamu, maka resikonya adalah cepat kotor karena lebih sering digunakan, oleh karena itu sebaiknya pilih kain pelapis yang tebal.

Warna dan Motif

Warna dan motif sofa juga harus diperhatikan. Pilih warna dan corak yang sesuai dengan desain serta konsep ruang tamu, apakah berkonsep mewah atau minimalis. Disarankan jangan memilih kain dengan corak yang sedang tren, karena tren ini lebih cepat berlalu, usang, dan tidak menarik lagi.

Tahan Lama dan Nyaman

Pilih sofa yang nyaman dan tahan lama, pilih pula konstruksi penyangga yang tepat sehingga lebih awet. Selain itu, ada suspensi juga menjadi faktor penting dalam kenyamanan. Tak ada salahnya untuk mencoba sofa ketika membeli, apakah bisa menopang berat tubuh dengan baik ataukah tidak. Pilih juga sofa dengan isian dudukan serta sandaran yang nyaman, seperti dakron, busa, atau bulu angsa.

Itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan ketika memilih model kursi tamu sofa agar bisa mendapatkan sofa yang tepat dan bisa memeprindah ruang tamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *