Tips Memilih Meja dan Kursi Tamu

Meja dan kursi tamu merupakan furniture atau mebel yang harus ada di ruang tamu. Kedua perabotan ini digunakan untuk menyambut tamu yang datang.  Pemilihan mebel dan konsep desain interior ruang tamu yang tepat akan menunjang penampilan ruang tamu lebih nyaman.  Berikut adalah tips memilih meja dan kursi tamu yang bisa dijadikan patokan:

Sesuaikan Ukuran Mebel dengan Ruangan

Sesuaikan ukuran meja dan kursi sesuai dengan ruangan. Jangan sampai tidak ada ruang untuk lalu lalang karena meja kursi yang Anda pilih ukurannya terlalu besar. Bila ruangan tamu rumah Anda kecil, pilih kursi dan meja yang mengusung konsep minimalis. Tapi jika ruang tamu luasnya cukup besar, Anda bisa memilih seperangkat kursi tamu yang bergaya modern, sehingga ruangan terlihat lebih elegant.

Sesuaikan Bentuk dan Tinggi Kursi dengan Postur Tubuh

Model kursi tamu tidak hanya memiliki perbedaan dari segi model dan desainnya saja. Perbedaannya bisa dilihat dari tinggi tidaknya kursi. Pastikan kursi yang Anda pilih tingginya sesuai dengan postur tubuh Anda, jangan sampai kaki Anda menggantung atau banyak ditekuk saat duduk. Hal ini bertujuan agar saat duduk lebih nyaman dan terhidar dari sakit setelah duduk.

Begitupun kedalaman kursi harus cukup menampung tubuh. Apabila kursi memiliki model untuk meletakkan tangan jangan pilih pegangan yang terlalu tinggi, terlalu pendek atau terlalu miring.

Sesuaikan Dengan Dekorasi Ruangan

Pemilihan kursi dan meja harus sesuai dengan konsep dekorasi, misalnya jika ruangannya dibuat formal biasanya untuk ruang tamu di kantor-kantor bisa menggunakan jenis kursi yang busa dudukannya tidak terlalu empuk. Karena tamu yang duduk akan kesulitan mengangkat tubuhnya karena tenggelam dalam sofa.

Sebaiknya hindari kursi tamu yang memiliki detail atau garis lengkung yang terlalu banyak. Kursi tamu jenis ini cocok digunakan untuk ruangan yang luas dengan konsep klasik modern.

Pemilihan Warna yang Harmonis

Pemilihan model kursi dan meja yang mungil didukung warna yang tegas bisa membuat ruangan terasa lebih elegant, bersih dan nyaman. Pemilihan warna adalah salah satu komponen yang menentukan psikologis ruang.

Sebaiknya hidari warna meja dan kursi yang sama dengan warna dinding karena dikhawatirkan akan saling mengaburkan keindahan. Agar suasana lebih hangat, pilih cat uang memberikan suasana terang, seperti: kuning gading, putih, hijau muda atau warna-warna pastel. Anda bisa menambahkan bantal kursi yang seirama dengan meja dan kursi.

Sebelum memutuskan membeli satu set kursi tamu ada baiknya Anda mempertimbangkan sesuai dengan apa yang sudah dibahas dalam artikel ini. Selain itu pertimbangkan pula kemudahan merawatnya. Sebab semahal atau sebagus apapun meja dan kursi tamu tidak sempurna jika terlihat kotor dan kusam.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *