Tips Memilih Meja Antik

Meja adalah salah satu jenis perabot atau furniture yang wajib ada dalam sebuah rmah. Selain untuk memperindah ruangan, meja juga bisa digunakan untuk tempat meletakkan jamuan bagi para tamu, oleh karena itu diperlukan meja yang unik serta beda daripada yang liannya, salah satunya adalah dengan memilik meja antik yang bergaya kuno dan klasik. Meja dengan jenis ini tentunya akan menarik perhatian siapapun yang melihatnya sehingga tampilan ruangan di rumah akan semakin menawan.  

Meja dengan desain kuno dan klasik biasanya mempunyai beberapa karakteristik, seperti bahan pembuatnya berasal dari kayu jati tua, namun ada juga yang berasal dari alumunium atau logam. Untuk meja antik yang terbuat dari kayu biasanya mempunyai bobot yang lebih berat dibandingkan meja lainnya. Maka bisa dibilang meja jenis ini masih murni bahannya dan tinggi kualitasnya.

Ada banyak cara untuk mendapatkan meja kayu antik ini, selain banyak dijual di toko online, banyak pula yang dijual di toko-toko barang antik oleh para kolektor yang memilikinya. Model meja ini beragam, ada yang polos, namun banyak pula yang memiliki ukiran pada setiap sisinya. Ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan ketika membeli meja kayu antik yang tepat untuk mengisi rumah, yaitu:

  1. Cari meja yang memiliki ukuran proporsional dan sebanding dengan ruang tamu. Hal ini karena ukuran meja yang tepat akan membuat ruang tamu tampak indah dan luas.
  2. Harga meja ini biasanya sangat tinggi dan mahal, akan tetapi tak ada salahnya pula untuk menawar harga yang ditawarkan oleh penjual. Ini agar kita bisa mendapatkan barang berkualitas bagus namun dengan harga yang tepat.
  3. Jangan lupa untuk memperhatikan desain meja yang hendak dibeli, apakah meja tersebut polos ataukah memiliki ukiran di beberapa bagian sudutnya.
  4. Perhatikan pula usia meja, semakin tua usia meja, maka kesan klasik akan semakin terpancar dan tentunya harganya pun semakin tinggi.
  5. Perhatikan kualitas meja, apakah kondisi meja tersebut masih baik atau sudah lapuk pada bagian-bagian tertenu.

Apabila sudah menemukan meja yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan tips-tips berikut ketika memasang meja tersebut di rumah:

  1. Tempatkan meja di ruang tamu, agar kesan mewah dapat terpancar dari ruang utama.
  2. Letakkan meja di bagian tengah ruang tamu, sedangkan untuk kursinya diletakkan secara melingkar.
  3. Pada bagian bawah, alasi dengan karpet untuk menambah kesan elegan serta agar bahan meja tidak cepat rusak.
  4. Agar tatanan meja semakin cantk, tak ada salahnya untuk meletakkan bunga di atas meja tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli meja antik dan menatanya di ruangan yang ada di rumah. Keberadaan meja ini dipastikan akan membuat tampilan ruang tamu semakin terasa mewah dan elegan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *