Tips Memilih Meja Antik Berbahan Kayu

Mennghiasi rumah dengan berbagai barang antik merupakan salah satu cara untuk memperindah tampilan rumah sehingga Anda akan lebih betah tinggal di rumah Anda. Selain itu, tamu yang berkunjung ke rumah Anda juga akan dibuat nyaman dengan tampilan rumah Anda yang dipenuhi dengan berbagai barang antik, sebab setiap barang antik memiliki daya magisnya tersendiri untuk menarik perhatian orang. Salah satu jenis barang antik yang bisa Anda jadikan sebagai hiasan rumah adalah meja. Selain akan memperindah tampilan rumah, meja antik juga dapat difungsikan sebagai meja tamu, meja di ruang keluarga, atau meja kerja, sesuai dengan bentuknya yang paling cocok dengan selera Anda. Namun, memilih barang antik, termasuk meja, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyak hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan secara detail agar Anda mendapatkan meja terbaik untuk rumah Anda. Berikut ini akan dibahas mengenai tips memilih meja berbahan kayu yang antik untuk rumah Anda.

  1. Memiliki Nilai Historis

Banyak sekali kriteria antik pada sebuah barang, ada yang berdasarkan desainnya, ada pula yang berdasarkan dengan nilai sejarahnya. Jika Anda ingin mencari meja antik yang paling bernilai, pilihlah meja yang memiliki nilai historis, misalnya meja itu pernah dipakai oleh tokoh terkemuka tertentu, pernah menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah, usianya yang tua, dsb.

  1. Memiliki Sertifikat Legalitas

Kursi kayu yang Anda pilih haruslah legal. Anda tentu tidak ingin benda antik di rumah Anda ternyata adalah barang ilegal yang melanggar hukum. Pastikan bahwa meja yang Anda pilih memiliki sertifikat legalitas, sebab sejak tahun 2009, Kementerian Kehutanan menghatruskan para pemilik industri kayu untuk memiliki sertifikat legalitas.

  1. Pilihlah Meja dengan Kayu Terbaik

Ketika memilih meja, jangan hanya terpaku pada modelnya, pertimbangkan juga bahannya. Yang membuat sebuah meja menjadi antik bukan hanya bahannya, melainkan juga faktor lainnya. Pilihlah meja dengan kayu terbaik agar awet. Meski harganya akan lebih mahal, barang yang mutunya terjamin memang pantas dibayar dengan harga yang lebih mahal, apalagi jika itu adalah barang antik.

  1. Memeriksa Seluruh Bagian Meja

Jika Anda membeli meja yang masuk dalam katagori antik, pastikan bahwa meja tersebut kualitasnya memang benar-benar bagus. Periksalah seluruh bagian meja, mulai dari kaki-kaki meja, permukaan bawah meja, dan rabalah semua bagian meja. Perhatikan apakah ada bekas dempulan pada meja tersebut. Jika terdapat bekas dempulan atau bagian bahannya yang ternyata berbeda, sebaiknya Anda tanya ke penjual meja tersebut apakah meja itu pernah rusak atau tidak.

Jika Anda sudah memeriksa seluruh bagian meja dengan seksama, Anda dapat memutuskan apakah akan membeli meja antik tersebut atau tidak. Sebab pada dasarnya, pertimbangan utama ketika akan membeli sebuah benda antik adalah selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *