Tips Memilih Lemari Pakaian

Salah satu benda yang lazim ada di kamar tidur adalah lemari pakaian. Lemari pakaian merupakan salah satu furniture penting yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan pakaian. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, lemari pakaian dengan desain yang bagus dapat mempercantik ruangan kamar kita. Benda ini memang sederhana, namun tak jarang orang melakukan kesalahan saat memilihnya. Simak tips memilih lemari pakaian berikut ini.

 

  1. Desain
    Pertama adalah memperhatikan desain lemari pakaian. Desain lemari pakaian yang minimalis memiliki ciri khas tersendiri yakni desainnya lebih sederhana atau simple, tidak memiliki banyak corak atau ukiran, dan lebih menonjolkan sisi fungsionalitasnya.
  2. Ukuran
    Sebelum Anda memilih lemari pakaian, Anda harus mengukur terlebih dahulu tempat yang akan ditempati lemari tersebut. Anda kemudian dapat memilih lemari pakaian di toko furnitur dengan ukuran yang sudah ketahui. Pilihlah lemari pakaian yang ukurannya sesuai dengan luas ruangan kamar Anda. Pada umumnya lemari pakaian minimalis berukuran kecil atau sedang karena konsep minimalis tadi yang mengutamakan kesederhanaan dan fungsionalitas daripada ukuran maupun desainnya.
  3. Bahan
    Pilihlah bahan lemari yang awet, tidak mudah diserang oleh rayap dan tidak mudah keropos dan lain sebagainya. Anda bisa memilih lemari yang berbahan plastik. Namun, Anda harus memastikan bahwa bahan plastik tersebut kuat dan tidak mudah terkelupas atau terkikis. Apabila bahan kayu yang dipilih, perhatikan beberapa hal berikut ini. Anda dapat mengukur kualitas kayu jati dari warna kayunya. Bila berwarna coklat pekat dengan sedikit semburan putih, maka kayu jati tersebut berkualitas tinggi. Sementara kayu jati yang putih bersih, warna coklatnya sedikit adalah kayu yang berkualitas kurang baik. Jati ini biasanya tumbuh di daerah subur dan kadar airnya banyak sehingga rawan retak, pecah, atau melengkung. Kayu jati yang masih muda akan lebih mudah diserang serangga bubuk atau rayap. Karena kayu jati muda mempunyai banyak serat muda di dalamnya.
  4. Warna
    Untuk warna, Anda dapat sesuaikan dengan konsep yang ada di rumah Anda. Padu padankan supaya seluruh aspek perabot rumah Anda dapat menyatu dan serasi.
  5. Tata Letak

Selanjutnya adalah memperhatikan tata letak. Letakkan lemari pakaian dengan memperhatikan segi keindahan sehingga mempercantik ruangan kamar tidur Anda.

6. Harga
Harga yakni salah satu hal yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam membeli lemari pakaian. Sesuaikan harga lemari dengan budget yang Anda miliki. Memang lemari pakaian yang berkualitas bagus harganya mahal. Namun jika Uang Anda belum cukup sebaiknya jangan dipaksakan. Membeli lemari yang lebih murah tapi kualitasnya jelek bukan solusi untuk Anda. Lebih baik menabung terlebih dahulu untuk membeli lemari dengan kualitas yang bagus.
Itulah beberapa tips dalam memilih lemari pakaian yang dapat Anda terapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *