Tips Memilih Lemari Pakaian untuk Kamar Kost

Tinggal di tempat kost membutuhkan berbagai siasat agar bisa betah dan mampu bertahan di lingkungan baru yang jauh dari keluarga. Selain harus pandai mengatur keuangan dan menjaga diri dari kebiasaan buruk, salah satu siasat agar selalu bisa betah di kamar kost adalah menata kamar kost dengan menarik, dibuat senyaman mungkin, dan memfasilitasi kamar kost dengan barang-barang dasar yang keberadaannya sangat penting, mulai dari furniture berupa lemari, kasur, hingga peralatan elektronik. Memilih furniture untuk kamar kost harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang, sebab ukuran kamar kost yang mungkin sempit membuat kita tidak bisa mengeksplore kamar kost menjadi sesuai dengan apa yang kita inginkan. Salah satu benda yang cukup memakan banyak ruang di kamar kost adalah lemari untuk pakaian. Berikut ini akan diulas mengenai tips memilih lemari pakaian untuk kamar kost.

  1. Pertimbangkan Luas Kamar Ketika Membeli Lemari

Seringkali, kamar kost terlihat sangat sempit karena diisi dengan lemari yang ukurannya tidak proporsional. Ukuran lemari pakaian harus disesuaikan dengan luas kamar kost, agar kamar kost tetap terlihat lapang dan nyaman. Sebagai panduan, kamar dengan ukuran 3×3 meter, sebaiknya memilih lemari dengan lebar 1,3 meter, dengan tinggi 1,8 meter. Sementara untuk kamar kost yang lebih luas atau lebih sempit, ukurannya bisa menyesuaikan.

  1. Memilih Lemari Model Three in One

Tidak hanya lemari, biasanya yang membuat kamar kost terlihat sumpek adalah adanya furniture lain seperti rak, meja rias, kaca, hingga kursi. Agar lebih simpel dan mampu memenuhi semua kebutuhan akan furniture, pilihlah lemari model three in one, yaitu lemari yang dilengkapi dengan rak baju lipat, ruang baju gantung, dan meja rias sekaligus, yaitu bagian depannya difasilitasi dengan kaca dan laci untuk menampung berbagai peralatan make up. Dengan begitu, kita tidak perlu membeli banyak barang yang hanya akan membuat kost terlihat sempit, melainkan hanya membeli satu lemari dengan fitur yang lengkap.

  1. Memilih Lemari Rangkai yang Agak Tinggi

Kamar kost yang sempit biasa disiasati dengan memilih lemari yang agak tinggi, yaitu demi memanfaatkan tinggi ruangan. Ingat, luas ruangan kost bukan hanya tentang panjang kali lebar, melainkan juga tingginya. Jika pintu kamar kost kurang tinggi, siasatilah dengan memilih lemari rangkai yang bisa dibongkar pasang. Adapun tinggi lemari yang disarankan adalah sekitar 2,2 meter, agar lemari bisa menampung banyak baju dan perlengkapan lainnya.

  1. Pertimbangkan Kebutuhan

Selain tips-tips yang telah disebut di atas, ketika akan memilih lemari pakaian untuk kamar kost, pertimbangkan juga kebutuhannya, apakah lemari tersebut bisa menampung pakaian yang kita miliki atau tidak. Percuma jika kita memilih lemari yang bagus, desainnya menarik, fasilitasnya lengkap, dan ukurannya pas, namun ternyata tidak mampu menampung barang-barang yang kita miliki, terutama pakaian kita. Pilihlah lemari yang benar-benar bisa menampung barang-barang kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *