Tips Memilih Lemari Minimalis untuk Kamar Sempit

Lemari merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang keberadaannya sangat penting. Setiap rumah pasti membutuhkan lemari untuk menyimpan berbagai barang. Desain dan model setiap lemari disesuaikan dengan fungsi penyimpanannya masing-masing, baik itu untuk menyimpan pakaian, maupun perlengkapan rumah tangga lain seperti gelas, piring, bahkan buku. Oleh sebab itu, memilih lemari harus mempertimbangkan kegunaannya. Salah satu jenis lemari yang paling banyak digunakan di rumah adalah lemari pakaian. Selain untuk menyimpan pakaian, lemari juga sering digunakan untuk menyimpan berbagai benda penting dan berharga, mulai dari perhiasan, uang, hingga berbagai dokumen. Ketika memilih lemari, selain mempertimbangkan fungsinya, ukuran dan model lemari juga harus dipikirkan, terutama mempertimbangkan luas ruangan tempat lemari tersebut akan diletakkan. Untuk ruangan yang luas, Anda cenderung lebih bebas memilih lemari yang sesuai dengan keinginan. Namun untuk ruangan yang sempit, Anda harus pandai bersiasat dengan memilih lemari yang ukuran dan konsepnya minimalis. Berikut ini adalah tips memilih lemari minimalis untuk kamar sempit.

Mempertimbangkan Bahan

Untuk kamar yang luasnya relatif sempit, yaitu lebih kecil 3×4 meter, sebaiknya memilih lemari kayu. Memilih lemari dengan bahan kaca akan memberikan kesan kamar menjadi lebih sempit karena bayangan ruangan yang dipantulkan. Sementara memilih lemari dari bahan plastik justru kurang efektif sebab daya tampungnya kecil. ¬†Pilihlah lemari kayu yang difasilitasi dengan cermin di bagian pintunya agar Anda tidak perlu lagi membeli lemari/ meja rias yang tentu akan menambah kapasitas kamar yang sudah sempit.

Model dan Ukuran

Kamar atau ruangan yang sempit biasa disiasati dengan memilih lemari minimalis yang tinggi, yaitu lemari yang difasilitasi dengan ruang penyimpanan tiga sampai empat susun. Pilihlah lemari dengan ketebalan yang standar, yaitu sekitar 45-50 cm, sebab lemari yang terlalu tebal juga akan memakan banyak tempat. Sementara untuk ketinggiannya, bisa memilih lemari setinggi 1,8-2,5 meter. Dengan memilih lemari yang tinggi, selain tidak terlalu memanfaatkan luas ruangan, juga akan memiliki daya tampung yang lebih besar. Selain itu, tinggi ruangan akan lebih dimaksimalkan.

Baca juga: MEMILIH LEMARI PAKAIAN UNTUK ANAK KOS

Memilih Lemari Bongkar Pasang

Ruangan atau kamar yang sempit biasanya difasilitasi dengan pintu yang tingginya hanya sekitar 2 meter. Kamar yang palang pintunya relatif pendek tentu akan sulit dimasuki oleh lemari yang memiliki ketinggian hingga 2,5 meter. Oleh sebab itu, pilihlah lemari bongkar pasang, yang bisa dirangkai di dalam kamar. Jika tidak terlalu suka dengan lemari bongkar pasang, maka harus memilih lemari yang tingginya tidak lebih dari palang/ kusen pintu agar lemari bisa masuk dengan mudah. Namun hal ini akan terlalu berisiko sebab lemari yang rendah daya tampungnya lebihs edikit.

Itulah beberapa tips memilih lemari minimalis untuk kamar atau ruangan yang sempit. Kamar atau ruangan yang sempit sebaiknya hanya diisi dengan satu lemari dengan daya tampung yang besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *