Tips Memilih Lemari Kayu untuk Buku

Lemari merupakan furniture yang berfungsi untuk menyimban berbagai barang. Lemari diproduksi dengan berbagai desain dan ukuran, yang disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Salah satu jenis lemari yang banyak digunakan adalah lemari buku. Jenis lemari ini biasanya banyak ditemukan di perpustakaan, ruang kelas sekolah, dan juga di rumah untuk menyimpan buku dan berbagai jenis dokumen penting. Memilih lemari terbaik untuk menyimpan buku sangat penting agar buku dan dokumen tersebut terjaga keamanannya, sebab banyak sekali jenis lemari yang justru bisa merusak buku karena terlalu lembab. Salah satu lemari yang banyak dimanfaatkan untuk menyimpan buku dan dokumen adalah lemari dengan bahan kayu. Berikut ini akan diulas mengenai beberapa tips memilih lemari kayu untuk buku agar buku dan dokumen dapat tersimpan dengan aman dalam waktu yang lama.

Tidak Mudah Dimakan Rayap

Pilihlah lemari kayu yang diproduksi dai kayu yang kuat, agar tidak mudah digerogoti rayap. Kayu jati, mahoni, dan durian sangat disarankan sebab jenis kayu ini relatif lebih tahan terhadap serangan rayap. Jangan memilih jenis kayu yang rentan terhadap rayap, misalnya kayu kelapa atau jenis kayu olahan. Memilih lemari yang rentan terhadap rayap sama saja akan membahayakan buku dan dokumen yang Anda miliki. Lapisilah lemari yang dipilih, terutama di bagian-bagian sudutnya, dengan pelitur atau minyak anti rayap. Periksalah lemari secara rutin untuk berjaga-jaga dari serangan rayap.

Baca juga: Toko Furniture Murah  Di Sekitaran Bandung

Difasilitasi dengan Kaca

Pilihlah lemari buku yang difasilitasi dengan pintu kaca. Selain lebih mudah ketika mencari dokumen, lemari yang difasilitasi dengan pintu kaca akan menghindari lemari dari lembab, karena bisa untuk menyerap cahaya dari luar sehingga buku yang disimpan di dalam lemari tersebut tidak lembab. Untuk lebih memudahkan, pilihlah lemari buku dengan model pintu geser. Namun, tidak disarankan memilih lemari dengan pintu yang semuanya kaca, atau tanpa rangka kayu, sebab pintu yang bahannya semuanya kaca akan lebih rentan pecah jika Anda tidak berhati-hati.

Lemari dengan Banyak Rak

Untuk keperluan menyimpan buku dan dokumen, sebaiknya memilih lemari yang difasilitasi dengan rak yang banyak, misalnya lemari empat susun. Selain lebih memudahkan dalam penyusunan buku, jumlah rak yang banyak juga akan membuat daya tampung lemari akan lebih besar, dan buku bisa diletakkan berdiri, tidak bertumpuk-tumpuk yang tentu akan menyulitkan ketika akan mengambil buku yang sedang dibutuhkan.

Pilihlah lemari kayu dengan permukaan yang hangat, misalnya lemari dari jati. Jangan memilih jenis kayu yang mudah lembab dan menampung air, sebab juga akan berpengaruh pada kondisi buku dan dokumen. Melindungi buku dan dokumen dengan memilih lemari yang bagus merupakan langkah yang tepat agar buku dan dokumen Anda dapat terjaga dengan baik, dan tidak perlu khawatir akan rusak jika disimpan terlalu lama di lemari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *