Tips Memilih Kursi Tamu

Mendesain sebuah ruangan tentunya ingin membuat ruangan tersebut tampak cantik dan nyaman, begitu juga ketika mendesain ruang tamu. Pemilik rumah pasti ingin membuat desain ruang tamu yang indah serta nyaman sehingga membuat tamu merasa bahagia. Dalam mendesain ruang tamu, perabotan adalah hal penting yang harus dipikirkan, oleh karena itu pemilik rumah harus bisa memilih kursi tamu seperti apa yang akan melengkapi ruang tamu tersebut. Dan berikut ini adalah tips untuk memilih kursi dan meja tamu:

Sesuaikan dengan Dekorasi Ruangan

Ketika membeli kursi, model atau desain kursi tersebut haruslah disesuaikan dengan dekorasi ruangan. Apabila desain ruang tamu minimalis, maka kursi pun harus memiliki desain minimalis juga, begitu juga ketika ruang tamu berdesain klasik, maka pemilihan kursi pun harus disesuaikan yang mempunyai gaya klasik. Selain tema kursi dan ruangan, harus disesuaikan pula warna kursi yang cocok dengan cat ruangan. Apabila ingin cari aman, bisa pilih warna kursi yang gelap atau netral, sehingga cocok dipadupadankan dengan cat berwarna apapun.

Warna dan desain memang wajib menjadi perhatian, namun jangan melupakan pula ukuran satu stel kursi yang akan digunakan untuk ruang tamu. Sesuaikan besaran kursi dengan luas ruang tamu agar terlihat cantik dan tidak sesak atau terlalu penuh.

Material Kursi

Material kursi tamu juga harus diperhatikan, apakah ingin menggunakan kursi berbahan kayu jati, ataukah ingin menggunakan kursi berbahan rangka logam berlapis bahan fabric atau busa yang beraneka macam.

Apabila ingin membeli kursi berbahan jati, harus diketahui apakah bahan yang digunakan adalah kayu jati muda atau kayu jati tua. Hal ini berkaitan dengan kekuatan, ketahanan, serta tekstur khas kayu tersebut. Selain itu perhatikan pula apakah kayu yang digunakan merupakan kayu utuh atau kayu sambungan. Kayu utuh memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan kayu sambungan. Sedangkan jika ingin membeli kursi jenis sofa, hal yang harus diperhaikan adalah kerapian jahitan , kekuatan bahan, serta tekstur bahan.

Kenyamanan

Faktor kenyamanan adalah faktor penting yang juga harus diperhatikan jika ingin membeli kursi untuk ruang tamu. Apalagi jika ruang tamu ini tak hanya digunakan untuk kebutuhan menerima tamu saja, tapi juga untuk kegiatan-kegiatan pribadi seperti membaca buku atau bersanta dengan keluarga di hari libur. Oleh karena itu, pilih kursi yang tak hanya bagus pada sisi desain, namun juga kursi tersebut nyaman ketika diduduki.

Harga

Harga juga menjadi hal yang patut diperhatikan. Sesuaikan harga kursi yang akan dibeli dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai hanya karena tergiur dengan desain, pembeli jadi mengorbankan budget untuk kebutuhan lainnya.

Itulah tips-tips yang harus diperhatikan ketika ingin membeli kursi tamu. Memilih kursi memang gampang-gampang susah, maka tak ada salahnya juga untuk bertukar pikiran dengan anggota keluarga lainnya untuk ketika memilih dan membeli kursi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *