Tips Memilih Kursi antik Yang Baik

Barang antik adalah barang yang rentan. Sebab, kita tahu bahwa barang antic sudah tentu pasti memilki usia yang sudah tua sekali. Namun, karena usianya sudah tua itulah yang membua barang antik menjadi unik. Inilah penyebab harga barang antik bisa begitu melambung dari pada barang umum yang diproduksi baru. Barang antik biasanya bermacam-macam. Ada barang antik dari golongan benda benda pecah belah. Seperti guci antik atau piring-piring antik. Atau barangkali, yang lebih sering dijual adalah barang-barang antik semacam mesin tik atau mobil. Namun, kadang juga bisa pada golongan barang-barang antik perkakas rumah. Misalkan saja kursi antik. Untuk memilih kursi antik yang berkualitas, anda harus memahami beberapa hal. Karena, kita tahu bahwa kursi merupakan salah satu barang perkakas rumahan yang rentan rapuh. Karena setiap saat selalu diduduki. Jadi, anda harus menyips tips berikut ini agar anda tak tertipu ketika membeli kursi antik.

Baca juga: CEK HARGA FURNITURE ANTIK DI SINI YANG TERBARU 2017: KURSI ANTIK, MEJA ANTIK DAN LEMARI ANTIK.

  • Periksalah bahan, pastikan kursi antik anda terbuat dari jati

Langkah pertama yang paling mudah sebelum membeli kursi antik adalah memastikan barangnya terlebih dahulu. Anda harus memastikan terlebih dahulu kursi antik anda itu terbuat dari bahan kayu jati. Karena, hanya kayu jatilah salah satu bahan yang kuat sekali meskipun usianya sudah puluhan tahun. Bahkan mungkin ratusan tahun. Dan biasanya jenis kayu jati tua ini kuat sekali dengan serangan rayap. Namun, bila anda ingin memilih kursi antik dari bahan lainnya, anda juga bisa memilihnya dari bahan kayu cendana. Kayu cendana ini juga kayu yang biasanya dibuat untuk kursi antik. Dan harganya pun sungguh fantastis. Maka tak heran, keluarga konglomerat mantan presiden Soeharto dinamai sebagai keluarga cendana.

  • Memastikan tidak ada lubang cocoh pada kursi antik

Langkah selanjutnya ialah memastikan setiap bagian kursi antik yang ingin anda beli tidak terdapat lubang kecil. Lebang kecil ini dinamakan sebagai lubang cocoh, dan lubang inilah yang sering dibuat sarang oleh serangga atau hama perusak kayu. Bila anda lubang ini, meskipun diameternya kecil sekali, sebaiknya anda tidak usah membelinya sekalian. Karena, pada akhirnya anda akan menyesal ketika kursi antik ini rusak karena digerogoti rayap.

  • Memilih Citarasa

Untuk selanjutnya, anda bisa memilih sendiri kursi antik kesukaan anda. Sesuaikanlah dengan selera anda. Karena, tidak ada satu pun kriteria yang mampu membatasi selera orang lain. Anda bisa memilih kursi antik dengan ornament ukiran yang unik atau kursi antik yang minimalis saja. Itu bisa disesuaikan dengan selera anda.

  • Jangan tertipu harga

Anda tak boleh tertipu dengan harga. Karena, ketika anda memilih kursi antik hanya berdasarkan harga mahal saja tanpa memeriksanya lagi, maka anda sebenarnya sudah terjerumus pada trik. Pastikanlah anda memeriksa kembali kursi antik anda.

Berikut tadi adalah tips memilih kursi antik yang bisa anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *