Tips Memilih Furniture Rumah Tangga

Furniture atau berbagai macam perabotan merupakan benda yang harus ada di dalam sebuah rumah. Furniture di dalam rumah memiliki fungsinya masing-masing, mulai dari yang berfungsi praktis atau yang sekadar berfungsi sebagai hiasan. Beberapa jenis furniture yang banyak ditemukan di rumah adalah kursi, meja, lemari, hingga dipan atau ranjang. Selain furniture tersebut, rak buku dan rak piring juga termasuk furniture yang tidak kalah penting keberadaannya di dalam sebuah rumah. Biasanya, dalam memilih furniture untuk diletakkan di rumah, pertimbangan utama sebuah keluarga adalah anggaran atau budjetnya. Apapun model sebuah perabotan rumah tangga, asalkan sesuai dengan budjet, biasanya akan langsung dibeli tanpa ada pertimbangan lain. Padahal, memilih furniture untuk diletakkan di rumah harus bijak dan penuh pertimbangan, agar furniture yang dibeli tersebut benar-benar dapat bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa tips memilih furniture rumah tangga agar dapat berguna dengan baik.

baca juga: HARGA FURNITURE RUMAH TANGGA YANG TERBARU DAN TERMURAH, 2017

  1. Mempertimbangkan Luas Ruangan

Furniture yang akan dibeli harus diukur sesuai dengan luas ruangannya, jangan sampai furniture yang dibeli akan memenuhi ruangan, atau bahkan tidak cukup dimasukkan ke ruangan yang akan ditempati. Contohnya, ketika akan membeli sebuah ranjang, usahakan ukuran ranjang tersebut maksimal tidak sampai separuh ruangan atau kamar yang akan digunakan, agar perabotan lain seperti lemari masih bisa dimasukkan ke kamar tersebut.

Atau misalnya ketika akan membeli seperangkat kursi dan meja tamu, pertimbangkan atau ukur terlebih dahulu luas ruang tamu yang akan ditempati oleh furniture rumah tangga tersebut, agar besar kursi dan meja yang dipilih bisa pas dan sesuai dengan luas ruang tamu.

  1. Mempertimbangkan Fungsi

Seringkali, banyak orang yang membeli furniture dengan tujuan untuk investasi, bukan karena untuk mengcover kebutuhan rumah tangga. Padahal, furniture akan selalu berubah model setiap tahunnya, sehingga berinvestasi dengan membeli furniture untuk diletakkan di rumah hanya sebagai pajangan bukan pilihan yang tepat.

Pertimbangkanlah fungsi sebuah furniture sebelum memutuskan untuk membelinya. Misalnya, jika memang butuh lemari baru karena lemari lama sudah penuh, belilah lemari baru, yang model dan harganya sesuai.

  1. Memilih Model yang Tepat

Selain ukuran, model furniture yang akan dipilih merupakan suatu hal yang penting untuk dijadikan bahan pertimbangan. Misalnya, jika ingin membeli lemari, pilihlah lemari yang modelnya sesuai dengan kebutuhan, misalnya lemari trifungsing, yaitu untuk menggantung pakaian, menyimpan pakaian yang dilipat, sekaligus dilengkapi dengan kaca sehingga dapat dijadikan sebagai meja rias. Begitu pula dengan misalnya ketika memilih rak buku, pilihlah rak buku yang modelnya sesuai dengan kebutuhan, yaitu dapat menampung buku dengan aman, contohnya dilengkapi dengan kaca penutup.

Itulah beberapa tips memilih furniture rumah tangga agar berfungsi secara maksimal dan bermanfat dengan baik, sehingga pembelian furniture tersebut tidak sia-sia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *