Tips Memilih Furniture Kursi Kayu dan Merawatnya  

Kayu jati merupakan kayu yang dikenal dengan keunggulannya anti rayap dan biasa digunakan untuk kebutuhan furniture. Kelebihannya kayu jati adalah serat kayu yang indah dan halus, mudah dibentuk, tidak mudah melengkung dan harganya mahal. Kayu jati juga baik untuk kursi tamu maupun kursi makan dengan bentuk model yang diinginkan. Kursi kayu biasanya dipadukan dengan bantalan duduk sehingga akan membuatnya lebih modern dan menyatu dengan berbagai warna cat rumah.

 Tips Memilih Furniture Kursi Kayu dan Merawatnya  

Tips memilih furniture kursi tamu minimalis diantaranya:

 

  • Kualitas kayu jati, grade kayu jati terdapat 3 tingkatan yaitu grade A, grade B, dan grade C. Untuk kayu jati yang awet dan tahan lama maka dapat memilih grade A tetapi harganya cukup mahal.
  • Perhatikan bahan yang dipakai, perhatikan juga bahan yang digunakan dari kayu jati berkualitas. Perhatikan juga keutuhan dari kayu atau sambungan. Jika utuh maka dapat digunakan tetapi jika sambungan maka sebaiknya jangan membeli kayu tersebut.
  • Cek harga, bandingkan harga dari toko-toko furniture kursi yang ada atau melalui furniture online, carilah furniture yang memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan toko lainnya. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah dapat membeli saat toko mengadakan diskon besar-besaran.
  • Pilih model kursi, dapat memiliki kursi yang memiliki ornamen ukir bernuansa modern. Ada juga yang bernuansa klasik yang biasanya dipilih untuk rumah yang memiliki ruangan tamu luas. Untuk kursi modern digunakan untuk ruang minimalis.

 Baca Juga  INI DIA MODEL KURSI TAMU BERDASARKAN JENIS BAHANNYA YANG PALING POPULER DAN BANYAK DIGUNAKAN  

Selain itu, pastikan memilih kursi kayu sesuai tema yang dipakai untuk rumah. Jika tidak sesuai dengan tema atau kondisi ruangan tamu akan membuat ruangan terlihat aneh. Untuk ruang tamu kontemporer dapat diisi dengan ukiran klasik dan untuk ruang minimalis dapat memilih ukiran yang sederhana. Perhatikan juga kenyamanan saat duduk di kursi dengan mencobanya langsung.

 

Berikut adalah beberapa tips merawat kursi dari kayu diantaranya:

 

  • Letakkan di tempat kering atau bersuhu normal, paparan suhu panas dapat membuat kayu membuat kayu kering dan menyusut sehingga menimbulkan retak pada lapisan kayu.
  • Pindahkan dengan benar dan hati-hati, memindahkan dengan cara menyeret atau menarik sandarannya dapat menggores dan mengikis kayu akibat bergesekan dengan lantai maka pindahkan dengan cara diangkat.
  • Gunakan alas untuk meminimalisir kerusakan, hal ini untuk menghindari kayu tergores atau terkena noda yang membuat warna kayu kusam dan permukaan kayu tidak mulus.

 

Cara merawat kursi kayu lainnya adalah jika terdapat noda sebaiknya segera membersihkannya supaya tidak meninggalkan bekas pada furniture. Bersihkan secara berkala untuk hasil yang baik dan lakukan finishing setia 2 atau 3 tahun supaya warna kayu tidak kusam. Gunakan kuas untuk membersihkan bagian yang tidak terjangkau dan manfaatkan sisa teh untuk pembersih kayu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *