Tips Memilih dan Merawat Meja Kayu untuk Meja Makan

Meja kayu merupakan furniture berbahan kayu, salah satunya digunakan untuk meja makan. Meja lebih dipilih untuk meja makan karena lebih kuat dan memberi kesan minimalis sekaligus tradisional. Saat ini tidak hanya meja yang terbuat dari bahan kayu berkualitas tetapi juga beberapa furniture lainnya seperti lemari, kursi, tempat tidur, beberapa tempat penyimpanan lainnya dan beberapa bagian dinding rumah didesain dari kayu berkualitas. Oleh sebab itu bahan kayu untuk meja makan juga tidak perlu diragukan asal sesuai dalam memilih dan juga merawatnya. Terutama bahan kayu yang memiliki perawatan lebih dibandingkan dengan bahan meja lainnya.

Tips Memilih dan Merawat Meja Kayu untuk Meja Makan

Meja makan tentunya dilengkapi dengan kursi beserta taplak meja yang senada dengan warna dengan warna meja makan. Meja makan kayu ini biasanya lebih cocok untuk setiap jenis ruangan rumah dengan berbagai warna. Cenderung lebih netral membuat meja ini lebih dipilih. Berikut adalah cara memilih meja makan:

  • Tentukan bahan untuk meja makan yang akan digunakan, biasanya dari MDF dengan kayu keras namun halus sehingga akan lebih tahan lama saat digunakan.
  • Ukur luas ruang makan keluarga dan tentukan ukuran meja makan yang sesuai supaya dapat memberi ruang gerak dalam ruang makan dan tetap sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.
  • Tentukan bentuk meja, saat ini banyak pilihan meja seperti meja bulat atau bundar dan juga meja persegi dan juga persegi panjang. Bentuk meja ini akan berpengaruh terhadap jumlah anggota dalam satu meja dan juga kenyamanan.
  • Periksa dimensi meja yaitu jarak antar bangku anggota dengan meja dan tinggi meja dengan jarak pandang seseorang dengan makanan.

Beberapa tips memilih diatas perlu diperhatikan untuk mendapatkan meja makan yang pas dan nyaman. selain itu juga meja kayu yang digunakan tentunya akan memberi rasa aman karena lebih kokoh dan juga kuat untuk menahan beban diatasnya. Meja makan yang nyaman akan memberi rasa berkumpul semakin lama dan tak bosan namun meja makan ini perlu dirawat.

Berikut adalah cara merawatnya:

  • Jangan biarkan cairan tumpah diatasnya, seperti air, alkohol, minyak ataupun hal lainnya karena akan meresap kedalam kayu dan susah dibersihkan.
  • Selalu bersihkan permukaan meja dengan kain lap kering atau lapisi dengan taplak atau kaca supaya tidak bersentuhan secara langsung.
  • Kayu juga dapat dipernis untuk memberikan cat baru yang lebih mengkilap dan seperti baru pertama kali digunakan.

BACA JUGA MEJA KAYU BISA MENJADI TEMA FURNITURE YANG UNIK DENGAN MELAKUKAN HAL INI

Meja kayu juga perlu dibersihkan dari noda yang mudah lengket dengan lap kering dan jangan menggunakan lap basah yang dapat merusak bagian kayu. Saat melakukan vernis pastikan terhindar dari debu karena debu yang beterbangan akan menempel pada vernis baru dan akan sangat susah untuk dilepas. Membersihkan meja makan selalu akan membuat meja lebih awet.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *