Tips Memilih dan Merawat Furniture Kayu dengan Benar dan Tepat

Furniture kayu sudah banyak digunakan karena memiliki warna yang cocok dengan berbagai interior rumah. Penggunaan furniture ini memang sudah banyak dan terus dikembangkan sesuai dengan tren. Tren perabotan ini menyesuaikan dengan konsep rumah modern yang banyak menggunakan desain minimalis. Sehingga banyak produk yang dibuat dengan kualitas yang lebih premium dan terlihat berkelas. 

Tips Memilih dan Merawat Furniture Kayu dengan Benar dan Tepat

Berikut adalah tips memilih furniture dari bahan kayu diantaranya: 

  • Hindari mebel jati yang terdapat cocoh, cocoh adalah lubang kecil pada kayu yang terjadi karena kayu dibuat untuk rumah oleh serangga kecil dan menyebabkan terjadinya bubuk di kayu. Kayu cocoh tidak mampu bertahan lama dan hindari jenis ini dan bukuk kayu.
  • Pilih bahas dari kayu jati TUA atau menggunakan kayu TPK, bahan kayu jati tua memiliki ciri seperti serat kayu yang padat, berat yang lebih berbobot dan warna kayu coklat kemerahan dan kayu TPK atau tempat pelelangan kayu Jati Perhutani memiliki umur minimal 20 tahun.
  • Finishing produk bagus dan berkualitas, dengan warna yang merata pada produk, finishing tebal, semua pori-pori tertutup dan memiliki finishing yang berkelas dan tidak bergelombang.
  • Konstruksi mebel harus kuat dengan pemakaian yang merasa nyaman, produknya kokoh ketika digunakan dan memiliki sebuah konstruksi yang simetris.
  • Pilih mebel dari Jepara yang merupakan pusat industri mebel jati dan banyak customer asing yang mempercayakan kebutuhan mebel pada tempat ini.

Beberapa tips diatas perlu diperhatikan supaya tidak salah dalam memilih furniture kayu untuk kebutuhan ruangan. Beberapa bagian furniture terbuat dari kayu dipadukan dengan bahan lainnya. Hal ini untuk membuat sedikit perpaduan yang lebih indah dan memiliki estetika yang indah. Furniture ini akan membuat sudut ruangan lebih terisi dengan berbagai kegunaannya. 

Berikut adalah tips merawat mebel dari kayu diantaranya: 

  • Letakkan di tempat kering atau bersuhu normal, paparan yang panas akan membuat kayu menyusut dan udara lembab akan memancing perkembangan jamur.
  • Pindahkan dengan benar dan hati-hati, dengan mengangkat bagian penampang atau dudukan, hindari untuk menyeretnya karena dapat mengikis dan sambungan dapat rusak.
  • Gunakan alas untuk meminimalisir kerusakan, dengan menutupi bagian atasnya dengan taplak atau table runner untuk tetap menjaganya.
  • Keringkan noda air sesegara mungkin karena akan tertinggal secara permanen dan membuat kerusakan pada tekstur kayu alami.

BACA JUGA TERNYATA FURNITURE MINIMALIS KAYU TERBUAT DARI KAYU JENIS INI!

Selain beberapa diatas, perlu juga membersihkannya secara berkala dengan melap dan melakukan finishing untuk membuat warnanya tetap baru. Gunakan juga kuas maupun sikat gigi untuk bagian yang tak terjangkau dan kain katun untuk bagian yang terlihat. Dapat juga memanfaatkan sisa teh sebagai pembersih untuk hasil warna dan kilau. Beberapa cara merawat furniture kayu ini perlu diperhatikan karena berbeda dengan perabotan bahan lain sehingga harus berhati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *