Tips Membersihkan Lemari Dapur Agar Tetap Bersih dan Rapi

Dapur merupakan ruangan yang penting di dalam sebuah rumah. Disanalah makanan di olah dan disimpan sehingga diperlukan kebersihan yang tinggi untuk menghasilkan makanan yang higienis dan sehat. Bagian dari dapur yang umumnya cepat kotor adalah pada bagian lemari dapur apalagi jika lemari tersebut juga digunakan untuk memasak, memotong bahan makanan dan menyimpan perkakas masak dan makan. Membersihkannya secara rutin menjadi cara yang paling tepat untuk memberikan meja dan lemari yang bersih tanpa kuman dan noda sehingga dapur terlihat lebih bersih.

 Tips Membersihkan Lemari Dapur Agar Tetap Bersih dan Rapi

Pada beberapa kasus, kebersihan lemari di dapur menjadi masalah karena sangat cepat sekali menjadi kotor kembali. Biasanya hal ini terjadi saat selesai memasak di pagi hari atau sore hari. Selain itu adalah ketika usia acara makan bersama atau mengambil makanan karena mungkin ada makanan yang tercecer dan meninggalkan noda seperti noda minyak. Selain membersihkannya secara teratur, Anda memerlukan tips-tips lain agar dapur dan lemarinya senantiasa bersih dan higienis. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dan biasakan di rumah setiap hari:

 

Langsung membersihkan peralatan memasak.

Jika Anda memasak sendiri di dapur, sebaiknya segera setelah digunakan, semua perkakas dicuci bersih. Anda tak perlu menunggu hingga masakan matang untuk membersihkan perkakas tersebut karena bisa dilakukan sembari menunggu masakan matang. Setelah dicuci, perkakas terlebih dahulu harus dikeringkan agar ketika disimpan sudah dalam keadaan kering sehingga tidak meninggalkan noda air di rak penyimpanan lemari dapur.

 

Menyimpan perkakas di tempatnya.

Menyimpan perkakas di tempatnya setiap hari akan memudahkan Anda untuk menyimpan dan mencarinya. Hal ini penting untuk membantu Anda mengingatkan apakah perkakas tersebut dalam keadaan bersih atau habis digunakan.

Baca Juga : TIPS MENATA KITCHEN SET MINIMALIS YANG TEPAT UNTUK DAPUR YANG LEBIH LUAS

Menutup kembali lemari setelah dibuka.

Jangan lupa untuk menutup rak atau laci kembali setelah mengambil atau menyimpan perkakas. Lemari atau rak yang terbuka akan memungkinkan hewan untuk masuk dan bersarang yang bisa menyebabkan kotor atau bibit penyakit.

 

Ganti alas lemari secara rutin.

Jika lemari Anda menggunakan alas seperti kain atau kertas tebal, gantilah alas tersebut secara rutin jika dirasa sudah mulai kotor. Anda tak perlu menunggu hingga alas rusak atau sobek karena bisa jadi sudah banyak kuman dan kotoran yang menumpuk di sana.

 

Beberapa cara tersebut harus Anda jadikan kebiasaan agar memiliki lemari dapur yang senantiasa bersih dan higienis. Suasana dapur yang bersih dan rapi akan membuat siapa saja yang melihat menjadi lebih bersemangat baik untuk memasak maupun untuk merapikannya kembali. Selain itu dapur yang bersih dan rapi akan membuat masakan juga lebih sehat karena tak ada kuman atau bakteri yang bisa menularkan penyakit pada anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *