Tips Membersihkan Lemari Buku dan Merawat Buku dengan Tepat

Pada satu titik kehidupan para pecinta buku, seringkali mereka bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan lemari buku dan merawat buku-buku mereka sehingga terbebas dari debu, kotoran, jamur serta tidak menjadi sarang bagi serangga yang menganggu. Bahkan sekalipun lemari atau rak buku Anda tidak benar-benar terisi dengan banyak buku bacaan, namun tetap menjadi salah satu perabot utama di ruang tamu, ruang tengah atau ruang kerja Anda. Namun terlepas dari itu, merawat rak buku dapat memperpanjang usia buku-buku penting atau kesayangan Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat rak buku sekaligus buku-buku Anda:

Baca juga: 4 PILIHAN MODEL LEMARI

  • Reguler, pembersihan ringan untuk mengurangi debu.

Setiap hari lemari hendaklah dibersihkan dari debu yang menempel dengan menggunakan kemoceng atau lebih baik jika menggunakan vacuum cleaner. Kemudian seminggu sekali, sekalah bagian atas dan samping rak buku dengan kain microfiber juga bagian atas dan belakang buku serta bagian rak yang menempel di luar buku. Ambil kesempatan ini untuk mengeluarkan barang-barang yang tidak seharusnya masuk ke dalam rak buku atau mengembalikan buku yang salah posisi atau penempatan.

  • Bulanan, pembersihan menyeluruh.

Untuk pembersihan secara bulanan, tidak harus sebulan sekali. Dua bulan sekalipun tidak masalah. Lakukan cara pembersihan reguler atau mingguan terlebih dahulu. Setelah itu, ambillah pembersih khusus kayu atau bisa juga dengan menggunakan sabun dengan kadar PH yang rendah. Gunakan lap microfiber dan cairan pembersih tersebut untuk membersihkan bagian luar lemari buku atau bagian mana saja yang terlihat. Sebaiknya cairan pembersihnya tidak terlalu banyak, tipis-tipis saja agar tidak membasahi buku dan tidak menjadi sarang jamur karena sulit kering.

  • Tahunan, pembersihan mendalam untuk melindungi buku.

Keluarkan semua buku dari rak, jangan terlalu dipikirkan untuk memilah-milah. Keluarkan saja semuanya. Bersihkan rak buku, lalu tarik dari dinding dan bersihkan bagian belakang lemari yang bersentuhan langsung dengan dinding serta dinding yang ada di belakang lemari. Kemudian bersihkan buku-buku Anda secara terpisah, baik di luar dan di dalam buku dimana debu dapat berkumpul. Sebaiknya gunakan mesin vacuum cleaner genggam dan gunakan masker untuk melindungi saluran pernafasan Anda.

  • Atur kembali buku.

Setelah membersihkan lemari buku Anda, kini saatnya Anda mengembalikan buku-buku ke dalam lemari. Aturlah buku sedemikian rupa sesuai rancangan Anda dalam menampilkan buku-buku. Misalkan saja pisahkan antara buku fiksi dan non-fiksi kemudian urutkan pula sesuai abjadnya. Untuk menjaga agar lemari terhindar dari serangga, selipkan satu dua butir kapur barus ke dalam sela-sela buku, sedangkan silica gel dapat Anda gunakan untuk menjaga buku-buku tetap dalam keadaan kering, tidak lembab, sehingga dapat terhindar dari jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *