Tips Cermat Mendapatkan Lemari Buku yang Tepat

Bagi Anda yang merupakan pelajar, mahasiswa atau bahkan hobi koleksi buku, maka pastinya harus merawat buku tersebut dengan baik. Dengan demikian maka buku akan bisa tetap utuh dan terjaga sehingga bisa awet sampai kapanpun. Salah satu caranya adalah dengan memberikan tempat khusus bagi buku misalnya di lemari buku. Dengan memiliki lemari khusus untuk buku, maka diharapkan jika Anda akan lebih mudah menaruh buku dan buku pun tak tercampur dengan benda lain sehingga tak akan rusak.

Dengan adanya lemari atau rak buku, maka Anda akan bisa lebih merapikan koleksi buku, memudahkan mencari buku hingga senantiasa menjaga kondisi buku tetap awet. Jika saat ini Anda sedang mencari lemari khusus untuk buku, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Tips Cermat Mendapatkan Lemari Buku yang Tepat

  • Ukuran ruangan

Sebelum ke toko lemari, ada baiknya jika ruangan yang akan ditempati oleh lemari khusus untuk buku tersebut sudah Anda ukur lebih dulu. Dengan memiliki ukuran yang valid, maka diharapkan jika Anda akan lebih mudah dalam menemukan ukuran lemari khusus untuk buku yang tepat. Anda tidak akan menemukan kasus lemari kekecilan atau justru terlalu memenuhi ruangan.

  • Sesuai jumlah buku

Selain dari segi ukuran ruangan, jangan lupa juga jika Anda harus menyesuaikan lemarinya dengan jumlah buku yang Anda miliki. Bagi Anda yang merupakan kolektor buku, maka ada baiknya berjaga dengan memilih lemari buku ukuran agak besar sehingga bisa muat untuk banyak buku di beberapa tahun mendatang.

  • Kuat

Buku biasanya memiliki bobot yang cukup berat. Oleh karena itu jangan lupa pilih lemari khusus untuk buku yang memang kuat. Dengan demikian maka tidak akan ditakutkan lemari jebol atau ambrol nantinya. Lemari kayu biasanya lebih dipilih. Namun jangan lupa untuk cek ketebalan pada tatakannya sehingga bisa dimaksimalkan beratnya. Tapi untuk lemari kayu memang berpotensi adanya rayap yang bisa merusak lemari dan juga bukunya.

  • Model terbuka

Memang masalah pemilihan model lemari ini bisa disesuaikan dengan selera Anda. Meski demikian, memilih lemari dengan model terbuka ini akan mempermudah Anda melihat koleksi buku dan juga mencari buku yang akan dibaca. Selain itu lemari dengan penuh buku juga akan bisa jadi penambah dekorasi ruangan di rumah bukan?

BACA JUGA TIPS MEMBELI LEMARI BUKU SECARA ONLINE AGAR ANTI PENIPUAN

Kebanyakan orang kerap menjadikan lemari buku ini untuk simpan benda lainnya. Namun ada baiknya jika Anda menyimpan buku saja di lemari khusus untuk buku tersebut. Alasannya adalah karena buku merupakan benda yang cukup sensitif sehingga cenderung mudah rusak. Dengan demikian menggunakan lemari khusus untuk buku adalah salah satu cara menjadikan buku yang Anda miliki bisa tetap awet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *