Tips Cerdas Merawat Furniture Jogja yang Terbuat dari Kayu Jati Agar Selalu Terlihat Seperti Baru  

Fungsi utama dari perabotan rumah yang Anda gunakan adalah mempermudah pekerjaan Anda dan juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan dimana benda tersebut diletakan. Di Indonesia, kebanyakan dari perabotan atau furniture tersebut dibuat dari bahan kayu yang memiliki berbagai jenis dan kualitasnya tersendiri. Salah satu jenis kayu yang paling sering digunakan oleh para perusahaan mebel di Indonesia adalah kayu jati karena dikenal sangat kuat, awet dan juga tahan lama. Salah satu jenis perabot yang paling sering menggunakan bahan ini adalah furniture Jogja yang belakangan ini sangat diminati di Indonesia bahkan hingga ke manca negara. Banyak yang berpikiran bahwa merawat perabotan yang terbuat dari jenis kayu tersebut sangat sulit, namun nyatanya hal itu sangatlah mudah jika Anda bisa menerapkan beberapa tips ini:

 Tips Cerdas Merawat Furniture Jogja yang Terbuat dari Kayu Jati Agar Selalu Terlihat Seperti Baru  

Penempatan di Suhu Normal

Segala perabot yang menggunakan bahan kayu jati memang dikenal lebih sensitif jika dibanding dengan jenis kayu lain. Hal tersebut karena kayu ini sangat tidak tahan pada suhu yang panas mau pun yang dingin. Jika suhunya terlalu panas atau sering Anda letakkan di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung, maka hal tersebut akan membuat kayunya berminyak dan mengering, serta akan lebih cepat retak, pecah dan melengkung. Jika berada pada suhu lembab, maka kayu akan cepat berjamur dan kerusakannya pun akan lebih cepat. Untuk itu akan lebih baik jika menempatkannya pada suhu normal saja.

 

Tidak Menumpahkan Air

Sering kali meski sudah dijaga, namun pemakaian oleh para pemiliknya pun bisa menyebabkan furniture Jogja yang terbuat dari kayu jati ini menjadi cepat rusak, terutama jika perabot tersebut tidak dilapisi oleh vernis. Salah satu kelalaian yang paling sering terjadi adalah menumpahkan air di atas perabotan itu. Hal ini tentu akan membuat kayu menjadi mudah keropos serta lapuk. Jika terkena air, segera bersihkan dengan menggunakan kain yang memiliki daya serap yang baik.

 

Segera Bersihkan Noda Lengket

Selain air, sering kali penggunanya lalai dan tidak memperhatikan jika perabot tersebut memiliki noda yang membandel atau menempel. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan kain lap bertekstur lembut dan basahkan dengan air hangat, kemudian lap kotoran tersebut. Setelah itu, lap lagi dengan menggunakan kain kering yang juga bertekstur lembut. Lakukan hal tersebut hingga noda atau kotoran sudah benar-benar hilang.

Baca Juga : TIPS DAN CARA MERAWAT FURNITURE DAN BEBERAPA REFERENSI NAMA FURNITURE BANDUNG

Menggunakan Bioplish

Jika furniture Jogja yang Anda memiliki terbuat dari kayu jati, maka untuk mempertahankan keindahan warna yang dimilikinya adalah dengan menggunakan cairan khusus, yakni bioplish. Pemakaiannya pun sangat mudah, Anda tinggal mengoleskannya pada permukaan perabotan dengan secukupnya dan diamkan. Disamping itu, Anda juga bisa menggunakan cairan pledge yang bisa Anda pakaikan dengan cara disemprot secukupnya pada permukaan perabotan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *