Tips Ampuh Merawat Furniture Dari Bahan Rotan

Anggapan perabotan rotan terlihat jadul dan kuno sekarang sudah tidak berlaku lagi. Sekarang hadir perabotan rotan dengan berbagai model dan desain yang menarik dan ciamik. Bahkan karena terlihat modern banyak yang beranggapan perabotan dari bahan rotan harganya mahal, padahal harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan kayu.

Rotan memiliki kelebihan dibandingkan dengan bahan lain, salah satunya adalah lebih fleksibel sehingga mudah dibentuk menjadi konstruksi yang lebih kokoh. Kekurangan bahan ini adalah jika proses pengolahannya kurang tepat dan tidak dibarengi dengan perawatan yang benar bisa menyebabkannya cepat rusak.

Berikut ini kami akan membagikan informasi berupa tips bagaimana caranya merawat furniture yang benar dan tepat. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Alat Dan Bahan:

  • Sabun untuk cuci piring
  • Air bersih
  • Lap yang bahannya lembut dan tidak berbulu
  • Baskom atau wadah untuk menyimpan air
  • Sikat gii
  • Minyak khusus untuk pelapis rotan
  • Pernis
  • Kuas Cat / lukis

Cara Membersihkannya:

  1. Pertama-tama tuangkan air ke dalam baskom dan masukkan sabun cuci piring sebanyak satu sedok saja. Lalu aduk hingga mengeluarkan busa.
  2. Celupkan lap ke dalam busa tersebut. Namun, jangan sampai terkena airnya kenakan saja busanya agar tidak terlalu basah. Membersihkan rotan dalam keadaan terlalu basah, kemungkinan perubahan warna dan proses pelapukan jadi lebih mudah terjadi.
  3. Bersihkan rotan menggunakan lap yang sudah dicelupkan ke dalam busa sabun cuci piring.
  4. Selanjutnya gunakan sikat gigi untuk membersihkan celah-celah atau sudut yang kotor. Gosok dengan arah yang sama.
  5. Membersihkan furniture bahan rotan sebaiknya dilakukan dengan rutin yaitu seminggu satu kali.
  6. Apabila ada bagian yang rusak atau retak. Caranya bisa gunakan minyak biji rami panas. Namun, ingat sebelum dipoles minyak lap terlebih dulu seluruh permukaan rotan. Setelah dilap, diamkan beberapa saat hingga kering sebelum kembali digunakan. Jika akan memindahkan rotan jangan menyeretnya karena bisa menyebabkan rotan retak atau tergores. Sebaiknya pindahkan dengan cara diangkat.
  7. Apabila ada noda yang sulit dihilangkan, masukkan ke sabun cuci piring lebih banyak dibandingkan biasanya. Nah, jika sudah selesai dibersihkan, keringkan. Caranya bisa menggunakan hairdryer atau dijemur. Sebaiknya jemur dengan cara diangin-angin saja, jangan terkena sinar matahari langsung karena dikhawatirkan bisa menyebabkan rotan cepat rapuk atau patah. Selain itu terlalu lama dan sering terkena sinar matahari bisa membuat warnanya cepat memudar.
  8. Setelah kering, lapisi permukaan rotan menggunakan pernis. Gunakan cat agar polesan ke seluruh permukaan rotan maksimal. Fungsi pernis adalah agar furniture bisa bertahan lebih lama.

Demikian informasi mengenai tips cara merawat furniture yang berbahan rotan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *