Ternyata inilah 6 Hal yang Bisa Membuat Sofa Kulit Cepat Rusak

Salah satu barang mewah dengan perawatan yang cukup sulit ialah sofa dari bahan kulit. Karena seperti yang diketahui bahwa untuk menjaga kualitas kulit agar tetap oke dibutuhkan perhatian yang khusus. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini disajikan tips dan trik dalam merawat dan mengelola kursi kulit agar tidak cepat rusak.

Ternyata inilah 6 Hal yang Bisa Membuat Sofa Kulit Cepat Rusak

  • Menjaga dari Panas dan Sinar Matahari

Mengering dan mengerutnya bahan kulit secara alami diakibatkan oleh Panas. Oleh karena itu, letakkan sofa Anda di area  yang jauh dari tingkat panas yang tinggi seperti jendela yang terpapar sinar matahari secara langsung atau perapian. Uji ketepatan peletakannya dengan meletakkan tangan Anda pada bagian permukaan. Jika kulitnya terasa panas, maka  Anda harus memindahkannya. Jika sebaliknya, Anda bisa menggunakan leather protector untuk bagian kulitnya. Jangan lupa untuk selalu mengecek kadar kelembapannya juga ya.

  • Membersihkan dengan detergen

Hindarai penggunaan detergen pembersih yang mengandung silikon, minyak, lilin, dan buih sabun untuk membersihkan sofa. Karena hal tersebut justru akan menurunkan kualitasnya. Sebaiknya untuk menghisap debu yang menepel gunakan vacuum saja. Selain menjaga kecerahan warnanya, Menghisap debu secara berkala juga dapat memperpanjang umur kulitnya. Atau Anda bisa melapisinya sehingga kulitnya tidak perlu terlalu sering dibersihkan langsung.

  • Mengelap nodanya

Ada lagi cara pembersihan yang salah namun sering dilakukan banyak orang yakni dengan cara mengelapnya menggunakan kain seperti lap atau kanebo. Karena hal tersebut justru akan menyebar noda-noda ke permukaan kulit lainnya. Cara yang lebih direkomendasikan ialah menggunakan kertas penghisap atau jenis kain yang bisa menyerap.

  • Mewarnainya dengan cat atau tinta

Mungkin Anda ingin menampilkan suasana baru pada ruangan dengan mengubah warna sofa kulit dengan warna lain memakai pewarna semacam cat atau tinta. Padahal, sangat jelas jika hal tersbeut dapat merusak kulitnya. Krena Cat tersebut akan menempel dan terserap secara perlahan pada kulit sehingga meninggalkan noda-noda tak terlihat. Jika Anda memang ingin memberi variasi pada warnanya sebaiknya gunakan alternatif sarung bantal dan cushion berbagai warna.

  • Meletakkan benda tajam

Kulit apapun pasti akan tersobek jika terkena goresan benda tajam. Jika goresan benda tajam terjadi pada sofa maka bekasnya tidak akan bisa hilang begitu saja. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka usahakan untuk tidak menaruh kursi kulit di dekat tempat benda tajam seperti dapur ataupun ruang makan. Selain itu Anda juga bisa menambahkan sarung di pinggirannya sebagai tempat menyimpan benda tajam yang sering dipakai seperti gunting kuku dan  alat jahit.

  • Membersihkan noda dengan air

Gunakan bahan-bahan yang bisa menghisap noda yang menempel di sofa seperti kain. Kemudian, tekan-tekan sisa noda yang masih menempel dengan tisu atau bahan lain yang menyerap. Anda bisa menghisapnya dengan vacum Jika memang masih meninggalkan sisa.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *