Ternyata Bahan Sepele Ini Ampuh Untuk Bersihkan Furniture Kayu Jati

Anda punya furniture kayu di rumah? Pastinya Anda selalu berhati-hati merawat perabot berbahan kayu tersebut. Biasanya orang menggunakan semprotan yang bisa dibeli di toko untuk mengkilapkan kembali furniture berbahan kayu ini. Namun tentunya selain menggunakan bahan kimia berbahaya yang mungkin bisa mengikis permukaan finishing mebel, penggunaan cairan semprotan ini juga akan memboroskan uang jika jumlah perabot Anda cukup banyak di rumah.

Ternyata Bahan Sepele Ini Ampuh Untuk Bersihkan Furniture Kayu Jati

Ada beberapa bahan yang sangat mudah Anda dapatkan di rumah yang bisa mengembalikan kilau furniture kayu Anda. Selain hemat, Anda juga sekaligus memanfaatkan bahan bekas yang mungkin bisa jadi sampah, antara lain

Biji Kemiri.

Terkenal sebagai bahan untuk menghitamkan rambut, biji kemiri dapat Anda gunakan merawat furniture jati Anda. Bakar 5 biji kemiri hingga mengeluarkan minyak. Bungkus kemiri tersebut menggunakan kasa lalu pukul-pukul hingga hancur. Gosok permukaan mebel dengan bungkusan kasa berisi kemiri tersebut.

Tepung

Beberapa jenis tepung seperti tepung sagu, kanji ataupun maizena ternyata dapat membersihkan furniture. Taburan tepung di bagian yang kotor lalu gosok merata hingga permukaan mebel Anda bersih sempurna.

Air Teh Basi

Biasa membuat the di rumah, Anda bisa memanfaatkan air sisa teh basi untuk membersihkan mebel. Air teh basi ini dapat membersihkan mebel dengan cara dioles ke permukaan mebel yang kotor. Gosok dengan lap hingga bersih. Segera keringkan permukaan mebel Anda agar tidak lembab.

Air Cuka

Air cuka yang biasanya tersedia di dapur atau meja makan juga dapat membersihkan furniture kayu Anda. Campurkan seperempat cangkir cuka dengan secangkir minyak zaitun lalu oleskan ke mebel Anda. Jika tidak ada minyak zaitun, Anda bisa mencampur 2 sendok makan cuka dengan 1 sendok makan air, gunakan spons untuk mengoleskan campuran tersebut ke noda di mebel. Selanjutnya keringkan furniture dengan lap. Selanjutnya, Anda bisa memberikan pewarna atau plitur lagi ke permukaan furniture.

Semir Sepatu

Cara yang digunakan pun sama dengan cara penggunaan pada permukaan sepatu. Dengan mengoleskan semir sepatu lalu gosok menggunakan lap hingga bersih mengkilap.

Pasta Gigi

Noda air bisa sangat menjengkelkan di permukaan mebel. Mengatasinya Anda bisa mengoles pasta gigi di kain basah. Apabila noda air tersebut masih membandel, Anda bisa mencoba washing soda yang bisa Anda dapatkan di toko bahan kimia. Jika belum cukup, gosok noda air menggunakan gabus. Atau menggunakan campuran abu gosok dengan minyak goreng lalu digosokkan pada permukaan furniture.

Mengatasi Noda Air

Melenyapkan noda putih dari furniture jati,  Anda bisa mencelup kain bersih dalam minyak goreng yang telah dicampur abu rokok. Gosokkan kain pada noda tadi hingga tidak ada lagi bekasnya. Cara lain yaitu menggunakan gabus yang dicelupkan ke dalam larutan minyak goreng dan abu rokok. Lalu gosok gabus tersebut pada noda setelah itu lap mebel dengan kain yang lembut hingga kering.

Mengatasi Bekas Lilin

Gunakan hair dryer panas untuk melelehkan bekas lilin. Segera seka lelehan tersebut menggunakan kain lap lembut ataupun tisu hingga bersih. Kemudian gosok menggunakan kain basah yang dicampur cuka sedikit.

Menghilangkan bekas stiker

Teteskan minyak goreng di bekas sticker dan biarkan hingga meresap. Selanjutnya gosok dengan kain lembut dan ulangi hingga noda sticker benar-benar hilang.

BACA JUGA: TIPS POLESAN FURNITURE KAYU JATI AGAR TETAP CANTIK

Itulah tadi beberapa bahan yang dapat membersihkan furniture kayu Anda dari berbagai noda. Selain itu beberapa cara untuk mengatasi noda tertentu di atas juga bisa Anda coba ketika terjadi pada mebel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *