Tata Rak Buku dengan Tips Berikut Ini untuk Maksimalkan Estetikanya

Buku menjadi jendela dunia. Tidak heran jika buku adalah benda yang sangat berharga dan harus dijaga keberadaannya. Oleh karena itu pastikan selalu merawat buku Anda dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan rak buku. Rak khusus buku ini biasanya diletakkan di kamar tidur. Namun sebetulnya jika Anda bisa lebih kreatif maka rak bukunya sebetulnya bisa juga digunakan untuk menambah estetika di ruang lainnya.

 Tata Rak Buku dengan Tips Berikut Ini untuk Maksimalkan Estetikanya

Penataan buku di rak pada dasarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tentunya ini bisa disesuaikan dengan kreativitas masing-masing. Dengan penataan rak, maka pastinya desain ruangan akan bisa kian cantik. Jika Anda ingin menata rak agar bisa terlihat lebih bagus, maka berikut ini beberapa tipsnya:

  • Posisi buku

Posisi buku amat sangat penting dipertimbangkan sehingga buku tidak terlihat menjadi membosankan penataannya. Buku biasanya diletakkan di posisi vertikal atau horizontal. Jika Anda bosan dengan penataan buku yang biasa-biasa saja, maka Anda bisa juga mencoba dengan menata buku dengan kombinasi penyusunan pada rak tersebut. Misal saja Anda bisa menata buku dengan bentuk U yakni dengan vertikal, horizontal lalu vertikal lagi. Dengan cara ini maka tampilan pada rak akan bisa menjadi lebih dinamis karena penggabungan tata letaknya. Meski demikian peletakan posisi buku ini bisa disesuaikan dengan selera Anda.

  • Aksesoris di rak

Memang menata buku saja tentu cukup membosankan. Tiap bagian rak buku tentunya tak harus penuh hanya dengan buku semata. Anda bisa juga meletakkan tambahan hiasan atau aksesoris sehingga penataan buku bisa menjadi lebih menarik lagi. Aksesoris bisa diletakkan di bagian atas rak yang diposisikan horizontal. Anda juga bisa menambahkan aksesoris di atas rak atau di tempat lainnya. Aksesorisnya juga bisa bervariasi mulai dari aksesoris buatan sendiri, tanaman hias dengan ukuran kecil atau aksesoris lainnya.

  • Sesuai warna dan ukuran buku

Untuk memudahkan, buku bisa disusun sesuai dengan warna dan juga ukurannya. Namun Anda juga bisa menyusun sesuai dengan nama dari penulis dan juga judul favorit bukunya. Setelah diposisikan berdasar warna dan ketinggian, maka tentunya deretan buku pasti bisa tampil menjadi lebih rapi. Susunan ini tentu bisa makin bagus dan menambah estetika dari penataannya. 

 Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Menata rak buku memang sebetulnya hal yang mudah, tapi bukan berarti bisa disepelekan. Penataan pada rak ini akan bisa mempercantik ruangan jika Anda menatanya dengan baik. Kini sudah ada banyak sekali desain rak untuk buku yang bervariasi sehingga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pilih rak yang sesuai dengan jumlah buku yang dimiliki sehingga bisa memaksimalkan penataannya.

Bagaimana informasinya, cukup membantu bukan?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *