Tahapan Dalam Pembuatan Kursi Kayu

Salah satu furniture yang pasti ada di setiap rumah kursi kayu, selain membeli, kita juga bisa membuat sendiri kursi berbahan kayu ini. Kenapa harus membuat kursi sendiri jika bisa membeli? Selain karena desainnya bisa disesuaikan dengan keinginan hati, juga bisa menjadi kebanggaan dan kenangan di kemudian hari. Dan berikut ini adalah tahapan yang bisa dilakukan jika ingin membuat kursi berbahan kayu dengan desain sederhana, yaitu:

baca juga: Furniture Murah dan Unik dari Palet Kayu Bekas

Langkah Pertama

Bagian kursi kayu yang pertama kali dibuat ialah bagian kaki. Potong kayu dengan panjang 85 cm dan ketebalan 3×6 cm menggunakan gergaji. Sesudah selesai memotong, pangkas ujung kayu agak lancip yang tujuannya adalah untuk menempatkan papan sandaran. .

Langkah Kedua

Langkah selanjutnya ialah potong kayu untuk membuat kaki kursi bagian depan. Potong dengan ketebalan 3×6 cm serta panjang 45 cm. Sebelum memotong, hitung dengan benar kayu tersebut agar tidak ada bagian kayu yang tertinggal.

Langkah Ketiga

Selanjutnya adalah membuat sunduk untuk bagian samping. Panjang sunduk kursi ini ialah 32 cm. Ukuran ini sudah sesuai dengan purusannya, sehingga panjang 32 cm sudah termasuk purusannya. Setel bagian belakang dan bagian depan, akan tetapi untuk bagian sunduknya, cukup ambil 1 cm saja, dikarenakan penyetelannya nanti menggunakan paku.  

Langkah Keempat

Apabila seluruh bahan telah tersedia, maka selanjutnya adalah menyerut kayu. Penyerutan kayu ini agar kayu halus dan rata, bisa dengan menggunakan mesin serut atau bisa juga menggunakan serut manual. Hasil dari serut manual memang tidak bisa serapi mesin serut, aka tetapi jika tidak memiliki mesin serut, maka penggunaan serut manual tidaklah jadi soal.

Langkah Kelima

Apabila semua kayu telah diserut, maka selanjutnya adalah mengukur kayu. Untuk proses pemotongan memang lebih baik memakai mesin gergaji duduk supaya hasilnya cepat serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

Langkah Keenam

Buat lubang pada kayu dengan menggunakan tatah atau pahatan. Untuk menatah, gunakan pisau tatah yang bagian ujungnya tajam pada satu sisinya atau tajam miring. Dengan menggunakan pisau tatah maka prosesnya akan lebih cepat serta mudah.

Langkah Ketujuh

Selanjutnya adalah dengan membuat papan untuk sandaran serta alas. Pembuatan bagian ini adalah setelah pembuatan rangka selesai agar bisa diketahui ukuran yang dibutuhkan.

Langkah Kedelapan

Apabila kursi sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengamplas kayu agar kayunya lebih halus, baru kemudian kayu kursi diplitur atau dicat sesuai dengan keinginan. Apabila ingin terlihat lebih natural, maka setelah diberi warna bisa diberi pernis agar warna lebih kuat dan tahan lama.

Itulah tahapan yang bisa dilakukan dalam pembuatan kursi kayu. Untuk permulaan, tak harus membuat kursi untuk orang dewasa, namun bisa dengan membuat kursi untuk anak terlebih dulu dengan ukuran yang disesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *