Sulap Furniture Sederhana Bekas Menjadi Kembali Baru dengan Tips Sederhana Ini!

Rumah menjadi tempat yang sangat penting untuk bisa berkumpul bersama keluarga dan beristirahat setelah seharian beraktivitas. Untuk bisa lebih menambahkan kenyamanan di rumah, maka furniture pun harus ada untuk melengkapi rumah. Furniture merupakan salah satu investasi karena dapat mempercantik rumah dan bertahan dalam kurun waktu yang sangat lama. Namun jika Anda merasa furniture rumah Anda adalah furniture sederhana dan sudah bekas sehingga membosankan, maka Anda perlu mengubahnya sesekali sehingga bisa mendapatkan tampilan yang baru.

Mungkin Anda berfikir mengganti furniture akan membutuhkan biaya yang besar bukan? Tak perlu bingung, kini Anda bisa menggunakan tips berikut ini untuk mendapatkan furniture baru:

Baca juga: FURNITURE SEDERHANA SOFA UNTUK RUANG TAMU RUMAH MINIMALIS

  • Amplas furniture

Pertama, Anda bisa mengamplas furniture sehingga bisa terlihat lebih kinclong dan bersih. Namun pastikan lepaskan beberapa item yang menempel padanya jika memang ada sehingga pengamplasan lebih mudah. pakailah amplas yang halus sehingga permukaan furniture tidak robek. Dengan mengampelas furniture, maka diharapkan agar semua noda yang menempel padanya bisa hilang. Setelah selesai mengamplasnya, selanjutnya bersihkan dengan lap yang bersih.

  • Aplikasikan cat dasar lebih dulu

Sebelum mengecatnya dengan warna utama, cat terlebih dulu permukaan dasar furniture menggunakan cat timer dan jika memungkinkan adalah yang High Gloss karena cat seperti ini umumnya tahan lama. Cat dengan kuas atau cara semprot dan tutup bagian tak sempurna lalu biarkan hingga kering sampai satu jam.

  • Cat furniture

Jika cat dasar sudah kering, maka cat furniture untuk finishingnya. Dengan adanya cat baru, diharapkan agar furniture sederhana bekas Anda bisa terlihat lebih baru dan disesuaikan dengan tema ruangan hingga selera Anda. Untuk memunculkan gaya yang shabby, maka warna putih bisa dipilih. Sedangkan untuk yang ingin gaya pop art, maka furniture dengan warna cerah akan sangat cocok digunakan. Jika bahan dasar dari furniture adalah kayu, pastikan hanya pilih cat kayu.

  • Proses pengeringan

Menjemur langsung di bawah sinar matahari biasanya banyak dilakukan, padahal hal ini tidak disarankan. Penggelembungan udara bisa terjadi karena kayu yang memuai sehingga banyak lapisan cat tidak sempurna. Untuk itu, pilih menjemur di bagian rumah yang memiliki sirkulasi udara lancar dari luar.

Itulah tahapan yang bisa Anda lakukan untuk menyulap furniture sederhana di rumah yang sudah bekas menjadi furniture yang terlihat baru dan elegan. Sebelum dilakukan pengecatan ulang, ada baiknya Anda mencari referensi untuk modelnya terlebih dulu. Carilah warna-warna yang sedang tren lalu sesuaikan dengan tema untuk ruangan. Jika Anda ingin mengubah tampilan sofa, maka tambahkan juga bantal dengan motif yang baru sehingga tanpa perlu beli pun furniture Anda bisa terlihat baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *