Simak 4 Kiat Merawat Furniture Rotan Agar Tetap Awet dan Terlihat Terawat

Apapun furniture yang dipilih usahakan untuk tahu bagaimana cara merawat furniture tersebut supaya awet dan nampak selalu baru. Anda tentu akan merasa malu ketika mendapati furniture yang ada di rumah nampak bulukan karena jarang dibersihkan. Rasa malu akan semakin menjadi apabila diketahui oleh tamu yang datang berkunjung, maka dari itu perawatan rutin akan menjadi kebutuhan pokok. Teknik perawatan biasanya disesuaikan dengan jenis atau material furniture yang dimiliki, misalnya saja membersihkan kursi sofa tentu berbeda caranya dengan membersihkan kursi dari rotan.

Merawat Perabot dari Material Rotan

Khusus bagi Anda yang punya furniture dari bahan rotan tentunya perlu teknik khusus supaya kondisinya selalu bersih dan terawat. Rotan menjadi pilihan yang cukup menarik sebab termasuk furniture klasik namun tetap elegan dan cocok ditempatkan di rumah bergaya apapun. Supaya terawat berikan beberapa treatment berikut:

  • Bersihkan dari debu secara teratur,

Supaya selalu terlihat bersih usahakan untuk membersihkan perabot rotan dari debu setiap hari, bisa memakai kemoceng ataupun lap kain. Cara ini akan membantu menjadikan perabotan enak dipandang dan untuk kursi, ayunan, dan sejenisnya menjadi enak untuk digunakan duduk.

  • Gunakan vacuum cleaner untuk hasil optimal,

Kalau merawat furniture rotan dengan memakai kemoceng saja ternyata dijamin tidak akan merasa cukup. Pasalnya rotan membentuk sela kecil-kecil yang kerap dijadikan sarang debu untuk berkumpul. Jika diperhatikan pada sela-sela inilah noda dan kotoran mudah sekali dijumpai, bagaimana cara mengatasinya? Mudah saja, Anda cukup menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner dijamin debu yang terjebak akan masuk ke mesin tersebut. Hasilnya tentu saja furniture rotan akan bersih maksimal dan awet.

  • Lakukan pengecatan ulang,

Rotan pada dasarnya hampir mirip dengan material kayu, namun jauh lebih ringan dan lebih murah padahal sama kuatnya. Ketika umum furniture dari rotan bertambah biasanya kilap yang awalnya dimiliki akan memudar. Mengatasinya Anda perlu melakukan pengecatan ulang menggunakan cairan wax yang biasa dijual di toko bahan bangunan. Cara menggunakannya pun mudah cukup di semprotkan secara merata dan dalam waktu singkat furniture rotan tadi akan kembali berkilau seperti baru saja dibeli kemarin.

  • Letakkan di ruangan yang sejuk,

Rotan yang dilapisi dengan cairan pernis umumnya akan mudah rusak ketika ditempatkan di ruangan yang terpapar sinar matahari atau mungkin terlalu lembab. Material rotan mudah sekali menjadi lapuk ketika bertemu dengan zat cair, maka jauhkan dari jangkauan air dan tempat lembab seperti kamar mandi. Jika ditempatkan di luar ruangan misalnya di teras, pastikan aman dari air hujan atau paparan sinar matahari. Meletakan furniture ini idealnya di tempat yang sejuk supaya kegiatan merawat furniture rotan menjadi semakin mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *